Kisah Hidup Penderita AIDS | Curhat Cintia Untuk Saudaranya



Untuk memperingati Hari AIDS Se-Dunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2009 yang akan datang, dan setelah kemarin kita sama-sama melihat gambar dari mayat-mayat ‘mantan’ penderita HIV/AIDS, sekarang saya mengutip kembali sebuah kisah dari buku harian seorang wanita pengidap HIV/AIDS. Perjalanan hidup wanita ini cukup tragis, menjadi wanita penghibur, terjangkit HIV/AIDS, diperkosa sekawanan pemuda dan berakhir dalam kematian.

Ini adalah sebuah curahan hati dari saudaranya yang mengetahui melalui buku hariannya.

. …….Tulisan ini hanya sebagai refleksi kehidupan, dan sebagai rasa kangenku buat saudaraku Firtri (nama samaran), kakakku yang sudah meninggal.

Saya yakin, kasus yang menimpa Firtri juga banyak dialami oleh korban lain. Tetapi dengan alasan dan pertimbangan tertentu, tidak ada keberanian untuk mengangkat kepermukaan.

Tulisan ini disamping merangkum obrolan dengan Firtri, juga lewat buku harian Firtri yang masih kusimpan. Sebelum meninggal, Firtri memberikan buku hariannya, yang banyak memuat kasus pemerkosaan yang dia alami dibulan Mei di Jakarta.

Setelah kasus pemerkosaan itu, Firtri tidak banyak membicarakan tentang peristiwa getir yang dialaminya. Dia mengalami tekanan psikis yang luar biasa. Atas pertolongan keluargaku yang tinggal di Malaysia, akhirnya dia dibawa berobat kerumah sakit disana.

Sekitar tiga bulan setelah peristiwa tersebut, kesehatannya begitu memburuk. Infeksi radang hatinya semakin parah. Dan Firtri yang semenjak akhir tahun 1997 penyandang virus HIV tersebut akhirnya meninggal dunia. Selanjutnya dia dibawa pulang dan dimakamkan di Manado.

Mungkin ada yang bertanya, Firtri adalah penderita AIDS saat kasus pemerkosaan terjadi ?

Jawabannya : YA !
Dengan jujur aku mengakui, kalau kakakku memang bukan wanita baik - baik. Dia dilahirkan dengan wajah cantik dan body yang menarik. Tetapi karena ini pula, yang mendekatkan dia dengan dunia maksiat.

Aku dan Firtri adalah dua wanita bersaudara yang lain total. Dia berkulit putih mulus, bermata agak sipit, dan berambut lurus. Mirip seperti cewek Tionghoa. Padahal dalam keturunan keluarga, hanya neneklah yang memang orang Tionghoa.

Sedangkan aku berkulit agak kecoklatan, bermata biasa, dan berambut ngombak ( agak keriting ). Mungkin ini pengaruh mamaku yang ada darah Maluku. Tidak heran, aku dan Firtri seperti bukan dua saudara kandung. Dia 2 tahun lebih tua. Saat kejadian, dia berusia 26 tahun.

Orang tua kami meninggal sewaktu aku dan Firtri masih berusia puber. Tante dari mamaku berbaik hati menampung kami, dan membiayai sekolah. Ketika SMA kami hijrah ke Jakarta. Ada tanteku yang sukses, yang berbaik hati menolong kami di Jakarta.

Aku dan Firtri memang lain. Aku cenderung banyak di rumah dan membaca buku. Sementara Firtri suka hang out di cafe, diskotik dan tempat remang - remang.

Sekolahnya amburadul. Setelah lulus SMA, tante amat kesal dengan kelakuan Firtri. Firtri tidak dibiayai kuliah. Cekcok dengan tante, membuat Firtri memilih keluar rumah. Dia tinggal di apartemen yang dihuni cewek - cewek asal Kawanua. Dan sudah bisa ditebak, Firtri terperosok menjadi cewek panggilan.

Aku dan Firtri tetap mempunyai kontak yang baik. Firtri adalah tipe periang dan spontan dalam segala hal. Dia juga tidak canggung - canggung menceritakan pekerjaannya sebagai wanita pemuas nafsu pria. Bahkan dia juga pernah menjadi model sexy lingerie, wet dress, bikini, hingga topless untuk majalah porno di Thailand.

Dengan cewek - cewek Kawanua, dia mengelola Love House Gadis - Gadis Kawanua, yang memberikan suguhan tarian tanggal baju, dan pesta seks untuk pria kalangan atas. Dia bekerja sama dengan Dea, sahabat akrapnya. Aku juga mengenal Dea, walau tidak begitu akrap.

Karena Dea lulusan Akademi Bahasa Asing, maka bahasanya inggrisnya cukup bagus dan lancar. Kemampuan ini dimanfaatkan untuk menggaet tamu dari manca negara. Tidak heran, di club ini banyak ditemukan pria - pria bule, yang konon banyak diminati bule asal Australia.

Akhir tahun 1997, Firtri jatuh sakit. Dia menderita hepatitis A, dan dirawat di rumah sakit. Setelah melalui test darah, ternyata darah Firtri dinyatakan positip mengandung virus HIV. Hal yang bersamaan juga menimpa Dea. Dia mendapati dirinya sudah terinfeksi virus HIV melalui check up yang dilakukannya.

Firtri dan Dea menjadi sangat sedih, karena mereka sudah terinfeksi virus HIV. Mereka berencana meninggalkan Jakarta, dan mendirikan restoran di pulau Bali. Tetapi karena minimnya pengalaman dalam usaha ini, sehingga prosesnya molor.

Saat kerusuhan terjadi, Dea sedang mengantarkan Firtri ke rumah sakit dikawasan Jakarta pusat untuk berobat. Sepertinya hepatitisnya kambuh. Firtri merasakan mual - mual. Pada awalnya, dia mengira hamil. Tetapi kenyataanya tidak.

Setelah mengunjungi poliklinik dokter ahli penyakit dalam, mereka pulang menuju kawasan Jakarta Utara. Tiba - tiba mobil yang dikendarai Dea terjebak dengan keramaian. Jalanan dipenuhi dengan massa dan terlihat aksi pembakaran sana - sini.

Sebenarnya Dea ingin putar haluan, tetapi terlambat. Mobilnya dikepung pemuda - pemuda dengan pandangan yang liar dan beringas. Mobil digedor - gedor dari luar. Dia juga tidak berani tancap gas kedepan, karena kawatir melukai orang yang didepannya.

Pemuda - pemuda yang liar tersebut dengan paksa mengeluarkan Firtri dan Dea dari mobil. Mereka begitu yakin kalau Firtri dan Dea adalah cewek Tionghoa karena muka dan penampilannya. Mereka membawa Dea dan Firtri ketempat yang terpisah.

Firtri begitu ketakutan. Apalagi saat tersebut Firtri sedang sakit hepatitis, jadi cepat mual dan pusing. Firtri sudah memelas minta dilepaskan tetapi jusru mulutnya ditampar. Antara perasa takut, marah, dan kesal, yang membuat Firtri tidak mau berdiskusi lagi dengan mereka.

Dia dibawa masuk kesebuah rumah. Jumlah pemuda yang ada saat itu sekitar tujuh orang. Atau mungkin lebih. Dua pemuda memegang tangan kanan dan kirinya. Firtri berdiri menghadap meja, dan mukanya ditelungkupkan kedepan.

Seorang pemuda dengan kasar membuka celana jeans dan celana dalam Firtri. Ketika pemuda tadi mendapati sebuah tattoo yang menghiasi diatas pantat Firtri, semakin semangatlah dia. Mereka yakin 100 % kalau Rara adalah cewek bejad yang patut dilahap.

Firtri diperkosa bergantian hingga kelelahan dan kesakitan. Ternyata ada seorang pemuda yang rupanya tidak begitu berpengalaman. Sehingga dalam suasana sadis tersebut dia tidak bisa ereksi. Salah seorang pemuda menyuruh Firtri membuka mulutnya.

Firtri yang sudah kesakitan, pusing dan mual sejak awal, langsung muntah - muntah. Pemuda yang kemaluannya disodorkan didepan mulut Firtri tersebut, begitu marah. Kemaluannya kotor dilumurin muntahan.

Karena pemuda ini tetap tidak bisa ereksi, maka dia melampiaskan nafsu dan amarahnya dengan menggigit puting Firtri hingga berdarah. Tidak tahan sakit, Firtri pingsan.

Ketika bangun dia sudah berada di ruang gawat darurat. Entah bagaimana ceritanya. Mungkin dia ditemukan orang yang berusaha menyelamatkan barang - barang, di area kebakaran tersebut. Dia juga tidak ingat lagi, berapa lama dia pingsan. Mukanya bengkak dan kebiru - biruan.

Dia juga mengalami pendarahan dikemaluannya. Karena itu dia mendapatkan jahitan. Setelah dua minggu dirumah sakit, Firtri diperbolehkan pulang. Atas saran Tante di Malaysia, Firtri dianjurkan dirawat disana. Waktu itu aku tidak menceritakan kepada Tante, kalau Firtri sebenarnya positif virus HIV. Oleh karena itu Tante sempat marah ketika akhirnya aku menceritakan perihal ini.

Dalam periode tiga bulan, kesehatan Firtri berangsur - angsur turun drastis. Radang hatinya cepat memburuk. Ini juga dikarenakan daya tahan tubuhnya yang cepat melemah karena infeksi HIV. Tiga bulan berikutnya dia meninggal.

Banyak liku - liku kehidupannya yang banyak aku temukan lewat buku hariannya. Karena dia memberikannya, agar aku membacanya. Sejak saat itu pula, aku tidak pernah mengetahui dengan nasib Dea. Masih hidupkah dia ?

Ada satu hal yang sangat mengkhawatirkan membaca buku harian ini. Yaitu penularan virus HIV kebanyak orang dengan kasus pemerkosaan ini. Dan para pemerkosa ini, juga akan menularkan virus HIV ke calon - calon istrinya……


“Inilah potret salah seorang penderita HIV/AIDS dari Indonesia, teriring do’a semoga semua dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT, amiin”

Catatan: saya mohon maaf apabila dalam beberapa kalimat didalam postingan ini agak fulgar, ini semata-mata untuk memperjelas dari kisah ini, dan saya tidak banyak melakukan editing.

Sumber artikel ini saya posting dari : http://majalahdewadewi.wordpress.com/


Artikel Terkait:

117 komentar:

Show/Hide Comment
rizakasela mengatakan...

Tingkatkan vitalitas dan imunitas dengan habbatussauda
Dapatkan habbatussauda ORGANIK "Samawi Herbal" hanya di http://rizaherbal.wordpress.com/

RifkyPanzer™ mengatakan...

wah ceritanya bagus, semoga bisa dijadikan pelajaran hidup bagi kita semua..

bukan facebook mengatakan...

ceritanya menarik...membuat kita banyak berpikir...

Dunia Komputer mengatakan...

Ceritanya yang tragis mas. Kasihan juga fitri.

harto mengatakan...

Cerita yang sangat menyedihkan dan penuh dengan keprihatinan... Semoga tidak ada lagi kisah2 seperti Fitri tersebut. Semoga Allah SWT selalu melindungi hamba-hambanya yang lemah.

Trims semoga Suksess n Tetap Semangat

Herdoni Wahyono mengatakan...

Kisah yang begitu tragis dan menyedihkan sekali.
Kita semua menyayangkan terjadinya peristiwa tersebut. Sebuah dunia yang kelam dan kejam. Adakah ke depan sebuah secercah harapan ?
Mari berperan secara aktif dalam upaya penanggulangan dan pencegahan virus HIV/AIDS yang belum ada obatnya di dunia ini.

narti mengatakan...

absen aja ah, gak bisa komentar...

sda mengatakan...

siapa yg pantas disalahkan? orang tuanya? lingkungannya?

bliyanbayem mengatakan...

cerita yang tragis dan bikin miris.

saya juga pernah diceritakan seorang teman tentang kasus mei. hampir2 mirip dengan fitri.

yah, semoga saja fitri bisa istirahat dengan tenang di sana. amin!!

about information mengatakan...

masih seputar aids,wahh cerita diatas sangat menarik :)

masterGOmaster mengatakan...

tragis sekali ya jalan hidupnya....semoga dia bahagia dialam bakanya.aaamiiiiiin

asep canda mengatakan...

waduh jadi terharu nih sob kasihan mereka para penderita HIV

cah ndeso mengatakan...

mari kita dukung semangat mereka dalam menjalani karunia dari Alloh SWT dengan senantiasa menerima mereka tanpa harus mengucilkan.

Penderita AIDS juga manusia yang butuh perhatian serta kasih sayang

Salam sukses dan mPIISSS dari Lereng Muria untuk Kang Sabirin :D

ina mengatakan...

cerita yg mengharukan...
hikz.... :((

RichaRie mengatakan...

hiks..serem amat nih post nya. tapi bermanfaat buat jaga2. thanks dah sharing. visit me sometimes

NURA mengatakan...

salam sobat
sangat mengharukan ya,,kisah hidup penderita AIDS ini,,
semoga kita semua tidak akan mengalaminya.
trims sharingnya.

al-basri mengatakan...

sedih, kesal....
kisah seperti ini sering kali terjadi, yang diperkosa menanggung akibatnya sampai mati. dan yang memperkosa bebas begitu saja... malah boleh saja memperkosa seberapa banyak lagi.

suatu yang mengherankan saya tentang HIV berdasarkan kajian; masyarakat Islam adalah yang paling banyak dikesan mengidap AIDS/HIV.
Apakah yang sudah terjadi dengan kita...

terima kasih sobat, posting ini sangat menyentuh dan memberi kesan.

javabis99 | Bisnis n Hobby Blog mengatakan...

cerita yg tragis jg ya, semoga sgala dosa2nya diampuni. Amin. Smoga tidak ada kejadian spt itu lg.

akhatam mengatakan...

Semoga kita bisa mengambil dari cerita tersebut.. lumayan mengetuk hati...

heru mengatakan...

kisah yang membuat semua orang mengerti akan begitu artinya tentang kehidupan, kisah yang membuatku sedih sobat

ipin mengatakan...

YAAH ITULAH TAKDIR YANG HARUS DI TERIMANYA
akibat pergaulan bebas yang tidak terkontrol
malang nian nasibmu fitri..Semoga allah swt mengampuni segala kesalahan2 nya di masa hidupnya

facebook-hot mengatakan...

wah iya yach, bentar lagi hari aids sedunia.
(say no to free sex)

prafangga mengatakan...

moga artikel ini mengingatkan untuk jauhi sek bebas amin, surga dunia. enak sesaat menderita selamanya

Fais cWaKep mengatakan...

sungguh menyedihkan......
aku jadi sangat kecewa membaca'y........

Mas acrom mengatakan...

Terima kasih atas inpirasinya mas,semoga aq gak kayak gitu hehe....

willy mengatakan...

nice story brooo
memang HIV menakutkan
mudah2an ada obatnya disuatu saat nanti

application4you mengatakan...

terharu sampai gak bisa beri komentar

bhogey mengatakan...

kasian si fitrii...
jaga wanita2 disekeliling kita...

richie mengatakan...

wow, artikel nya bagus mas ... mengingatkan kita buat semua hal dalam perjalanan hidup ini ... hmmm
mantap2 , sampai dua kali saya bacanya supaya terus ingat sama Yang Maha Kuasa, subhanallah ..

lina@happy family mengatakan...

Kisah Firtri sangat tragis...
Kita tidak boleh menghakiminya, semoga sekarang sudah tenang di alam sana...

RoMy 182 mengatakan...

bisa disinetronkan nih ceritanya mas..
hehehehe

putra mengatakan...

Mantep banget ceritanya om ,,
keep posting OM , ,,

hanny mengatakan...

wah aneh ya kerusuhan 1998...kan sumbernya dari krismon yah...kok ujungnya jadi "pembantaian keturunan Thionghoa" ya??? Di Solo lebih ngeri lagi deh....para pelaku harus bertobat....karena hukum karma pasti ada...dan Tuhan maha adil...moga2 ga ada lagi pencideran Bhineka Tunggal Ika lagi...Amin....

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× mengatakan...

Semoga Arwahnya di terima disisinya dan buat yg merkosa apes dech low.........

Phonank mengatakan...

Tragis sekali...

Kisah ini sangat tragis dan memilukan,,

Sari hanya satu orang jadi tumbuh menjadi 7 orang,,
HIV yang diidap fitri begitu cepat menyebar.
Pemuda2 yang tidak berprikemanuisaan itu,, saya kira pantas mendapatkan ganjaran yang setimpal.
dengan penyakit yg ia dapatkan dari Orang yg ia perkosa.

Memang tahun itu, saat terjadi kerusuhan. banyak sekali terjadi pemerkosaan terhadap gadis Tionghoa..!

Ini jadi sebuah kewaspadaan dini untuk tidak melakukan hal2 yg negatif. Jauhi dunia yg begitu nikmat namun menyengsarakan hidup dikemudian hari seperti diskotik, minum2, dan jadi cewek panggilan

phonank mengatakan...

Hai...
blognya saya link yakh..!
^__^

hendrie k_bejo mengatakan...

Jujur Ngeri juga yah !!

alkatro mengatakan...

saya kira memang lebih bagus kalau bahasanya vulgar seperti ini mas, karena ini kisah nyata..
sungguh tragis.. semoga hal ini tidak terjadi pada semua saudara dan teman-teman kita .. amien

gratisduit mengatakan...

Yang membuatku kawatir sekarang.. y nasib pasangan si pemerkosa itu.. HIV AIDS biasanya tidak langsug aktif.. kalau setelah punya anak dan sebagainya baru ketahuan gmn tuw.. -_- this story is so sad..

(boleh saya ambil gak mas artikelnya? Mau saya pasang di blog saya yang Sharethings )

masterGOmaster mengatakan...

waiting new posting..buddy !

Financial Adviser mengatakan...

wah kejam banget tuh...
tapi akhirnya para pemuda itu mungkin sudah merasakan akibatnya

berita unik mengatakan...

menyedihkan juga yah
Hmm...
coba kalo si fitri tidak terjerumus dalam kelamnya hidup

nuansa pena mengatakan...

PR buat orang tua dalam mmemantau anak remajanya, kehidupan semakin bebas saja!

picas.line mengatakan...

berbahaya banget penularan HIV..bagaimana dgn orang yang sering mabok minum pake gelas yg sma..

mbah gendeng mengatakan...

hmmmm moga2 bisa jadi pembelajaran

Ikutan Ngeblog mengatakan...

wah itu menjadi pelajaran bagi kita semua

Ngobrol Seputar Bisnis Online mengatakan...

sungguh menyentuh tragis mas ceritanya.
(T.T)

Mas Moer mengatakan...

mudah2an ada hikmah di balik cerita tsb...

moenas mengatakan...

ihhhh tatut akh,,,jngan sampe kena HIV Aids tentunya jngan melakukan sex bebas...

cah ndeso mengatakan...

Salam silaturahim dari Lereng Muria :D

Mohon bantuannya untuk pemblokiran Blog SARA yang kontroversial

Matur suwun sebelumnya

Awaluddin Jamal mengatakan...

sedih juga seeh sama kejadian yang dialami Firtri..,

semoga kejadian yang dialaminya tidak dialami lagi oleh orang lain..,

Opung mengatakan...

Kisahnya bagus, menyentuh. Bisa jadi pelajaran buat kita semua.

NumB3R mengatakan...

hmm. . .bagus kang utk dijadikan bahan pelajaran

KucingTengil mengatakan...

aduh... kisahnya mang bisa jadi pelajaran tapi bagian fulgarnya tolong di edit, jadi kayak cerita porno aja. kalo di baca sama anak2 di bawah umur pas main di blog ini, sangat disayangkan mereka baca bagian yg fulgar tersebut

tanpa menceritakabn lumayan detail bagian fulgarnya, mia rasa inti cerita ini ga akan berubah kok.

Evan Ed Scence mengatakan...

Hmm...ceritanya bikin terharu
Semoga kita bisa mengambil hikmah dari cerita ini..
AMIN!!

Wongdeso mengatakan...

Bagus banget ceritanya ... sukses selalu

asep canda mengatakan...

nggak sabar nunggu postingan selanjutnya hehehehheh

NyieL ^_^ mengatakan...

Tak ada ampun bagi para pezina....
No free sex....
No Drugs...
No porn....
HIV end....

Pit-Onta™ a.k.a kAnzENk™ mengatakan...

bikin trenyuh

kelirirenk mengatakan...

Siapapun dia, ikut prihatin...
Semoga kisah diatas menjadi pengalaman yang berharga buat kita semua

Vincensius mengatakan...

Baca dulu ya ceritanya...

IHSAN mengatakan...

mereka ternyata punya sisi yang jarang dilihat orang ya?

apa karena terlanjur?

recyclebin mengatakan...

cerita yang bagus sob...

cerita diatas bisa dijadikan pelajaran ^^

soff-tis mengatakan...

ehmm cuma satu kata Bang komentarnya"menyedihkan",thanks sudah berbagi.jadi inget sama yang ngasih hidup.

JOLA76 mengatakan...

Kisah yang tragis.....

Find 300 chicken recipe on my blog mengatakan...

Cerita yang menarik untuk di ambil hikmah nya ^_^ keep posting mastah ^_^

yatie mengatakan...

lagi - lagi. ..huft..mengerikan...

Pecinta Kuliner mengatakan...

makasih bang, udah berbagi kisah ini..

Nightcrawler mengatakan...

kisah yang penuh pelajaran, semoga bisa menjadi renungan kita bersama

dewapelangi mengatakan...

kalo menurutku ga cuma menyedihkan tp juga menakutkan. Smoga Alloh SWT memberikan jalan terbaik

zhoyakatsuki mengatakan...

hmm.... pelajaran berharga yg sangat bagi kita semua... nice post dude! ^_^

Zhoya mengatakan...

Wew! kata2 gw kebalik-balik... hehehe ^_^

Nova Imoet mengatakan...

beh critanya tragis..
kali ni yang kasian yang pemerkosa bukan yang di perkosa..

yuzrond mengatakan...

serem!

Enjoy THis Blog mengatakan...

Like This!

zhezhe mengatakan...

kepada bapak2 yang suka jajan sembarangan hati2 yaa...

Clara mengatakan...

yak ampun, aku ngilu bacanya
ngeri bener nasib fitri...>.<

Financial Adviser mengatakan...

waduh...
kejam banget...
para pemuda itu secara ga sengaja perkosa orang kena aids.

Selva mengatakan...

add my link in your blog. I do the same.. also add you in follower list... thanks... nice information here..

http://myworld-encyclopedia.blogspot.com

Gudang hikmah mengatakan...

wah,ceritanya sangat dramatis sekali. tapi setidaknya menambah wawasan ttg aids ni

insanitis37 mengatakan...

Mmmhh...tragis banget ya...
nah di sanalah kita tak boleh menjudge orang sembarangn. kita tak tahu pengalaman hidup seperti apa yang telah ia lewati.

Bekasi Peduli Aids mengatakan...

ayo gabung dikontes seo ini...

Rizky2009 mengatakan...

sedih bgt rasanya..... semoga ini bisa menjadikan pelajaran buat kita semuanya

belajar blog mengatakan...

kasian juga yah si fitri...
cantik-cantik tapi terjerumus dunia kelam

Action Figure Toy mengatakan...

kisah idup yang memilukan
kasihan juga...
andai waktu bisa diputar kembali

cah ndeso mengatakan...

Salam silaturahim dari Lereng Muria di hari raya Idul Adha 1430H :D

Salamnya emPIISSSS sama emBEEEEKKKKKK. wokokokokkkk

Blog Bisnisku mengatakan...

pelajaran hidup yang menarik dan patut tuk dijadikan bahan renungan bagi kita semua..makasih atas sharingnya

rezKY p-RA-tama mengatakan...

woy,,apaan neh,,kok berat banget

heLga Gaga mengatakan...

hindari AIDS!!

admin mengatakan...

ALL -- kepada seluruh sobat yg udah mampir dan berkomentar disini saya ucapkan terima kasih, saya akan ninggalin comment balik. sukses selalu yaa

masrobertk mengatakan...

Oh iya... tgl 1 Desember hari AIDS sedunia..

RoMy 182 mengatakan...

sebenarnya sih saya uda comment dipostingan ini..
tp hati ini rasanya ingin comment disini lg tuk jadi commenter yg ke 92..
WOWWW.. salut deh buat postingan ini yg sudah hampir mencapai 100 commentar..

sukses yah mas..

Picas mengatakan...

Kadang kadang perhatian orang teralihkan saat moment moment tertentu saja..
seteleh itu hilang........

Astaga.com Lifestyle On The Net mengatakan...

Blogger siap menjadi duta aids, jauhi virusnya bukan korbannya ^.^

belajar edit foto dan video mengatakan...

yang penting selalu gunakan "Alat pengaman" utk Free Sex...tentang pemerkosa..."cocoknya dihukum mati"...(gak punya duit ko'mau berhubungan sex...meledak aja udah)

Burla Lowongan Kerja Di Cirebon mengatakan...

Saya pernah baca tentang program kondomisasi.. tapi malah ditentang para tokoh masyarakat.. sementara satu sisi itu bisa mengurangi penularan AIDS

van mengatakan...

wah ngeri juga ya ceritanya...
jadi semakin sadar bahwa AIDS memang berbahaya

outdoor furniture mengatakan...

Sebenarnya masalah ini tidak akan menjadi besar jika saja klinik Bougenvile memberlakukan penerapan biaya administrasi di barengi dengan di tingkatkannya mutu layanan yang memadai. saat ini ruang praktek klinik bougenvile sangat tidak kondusif dan masih kurangnya alat penunjang medis.

Gema Nasyid mengatakan...

A' lau bisa gambarnya jangan yang meraangsang donk!

Remaja Berperan mengatakan...

Banyak kisah lain yang perlu kita ambil i'tibarnya. Termasuk ini.

KandangTips mengatakan...

Begitulah bahaya dan sakitnya pemerkosaan. Maka tak heran Allah dan rasulnya memerintahkan hukum rajam dan cambuk.

ipod headphones mengatakan...

Mixing blood that doesn't already have HIV won't create the virus. However if someone has HIV in their blood and a small amount of their blood is able to enter your bloodstream, HIV can get into your body that way.

Indahnya Berbagi mengatakan...

aduh maaf ya! anaa kurang nyaman dgn imagenya, g' jd baca. hiks

Johnson Manurung mengatakan...

kisah yang sangat tragis, dimana sisi kemanusian seolah-oolah sudah tidak berarti lagi !, salam

science mix mengatakan...

hiv adalah penyakit yang sulit di obati n hanya tawakal yang bisa jadi obatnya!!! n mau tkeran link ????

rocky mengatakan...

tukeran link ??? di tunggu!!!

Anonim mengatakan...

One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment

usaha bisnis mengatakan...

Semoga fitri diampuni dosa-dosanya,,,, maka untuk wanita-wanita indonesia,, pertebal iman, biar kuat menghadapi cobaan-cobaan Tuhan

Anonim mengatakan...

One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag.

foredi dr boyke mengatakan...

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Agen jelly gamat jakarta mengatakan...

STOP sex bebas dan narkoba....

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

ngeri dan miris banget,,,
cegah hiv dengan jauhi sex bebas dan narkoba....

gamat luxor mengatakan...

menyedihkan kisahmu ini mba>>

sylvi mengatakan...

sungguh tragis....perjalanan nasib nya tidak seindah wajah dan fisiknya.......

obat tradisional kanker serviks mengatakan...

ich turut berduka aja,,,

Pengobatan Sirosis Hati Herbal mengatakan...

cerita nya sangat menyedihkan juga ,,,

Ace Maxs mengatakan...

semoga hal ini bisa menjadi contoh bagi semua orang .

Posting Komentar

"Mari Kita Bertutur Kata Dengan Santun"
Silahkan sampaikan komentarnya ya, dan kalau berkenan pakai Name/URL saja supaya saya mudah mengunjungi blog sobat.
Terima Kasih Sukses Untuk Semua.

 

Link Banner

---------- A ----------
Andy MSE
anotherstoryfromme
alamsyah.rasyid
andaka
arhan
awan.wibawa
agusnaim
AhmedRidho
Artikel Internet


--------- B ---------
Blogger Ceria
brokencode
baladika
blogguebo
brokethesoul
blog.mriza
bernard-notes
Bamz
babbicool
bintorobisnis
www.bramwijaya.blogspot.com/
blenza/


---------- C ---------
cariuangtambahan.
catatan si putera
ceritaonlineku


---------- D ----------
Denbagus
Dunia Komputer
danu
dewahyoe
dexno
dhuwuh
www.dwi-isnein.blogspot.com
diagnosticoweb

---------- E ----------
Erwin Nassa
exelinca


---------- F ----------
fahry
freewareforall
firta-ku


---------- G ----------
gareng
gudangmusik


---------- H ----------
harry.sufehmi
harry99
hilmanpribadi
hardono.melesat
hapebewe


---------- I ----------
idebisnisusaha
ivan.faderlan


--------- J ----------
jimmysun
jimmykurniaindradjaya
justBookmark


---------- K ----------
kliksajayangkaumau
koolsonic
kolomkesehatan
kluwanDotCom
kluwanOne
kluwanTwo


---------- L ----------
latuminggi
lafalofe
LinkTea
Laksana-Embun


---------- M ----------
master united indonesia
m4s73r
My Blue Thunder Heart's Blog
mybluegreen
melodanta
make up
Money Cent's Powers
miaw's world


---------- N ----------
ningtyasindri
nichpakaich
negerihijau
ngkong
nanieku.blogspot
negeri bunguran


---------- O ----------
oktasihotang
Oricadiary


---------- P ----------
penulislepas
permanaj
penyuonline
promobebas
poetramahardika


---------- Q ----------


---------- R ----------
ristizona
rifkymedia's Blog
realish
rizky2009
rozy
rock


---------- S ----------
sumintar
sawali
sampepuas
semarangreview
sekitarkita
saintangel08
sukseslewatinternet
sapimoto
Sita
www.sedot-go.blogspot.com
sigmabisnis
Serunya Belajar SEO secangkir teh sekerat roti


---------- T ----------
tipis.web
tonijauhari
tantan-hilyatana
tera.sirumah
Tempat Dollar
Tutuorial News Information


---------- U ----------
utchanovsky


---------- V ----------
vaseppi
yopanprihadi


---------- W ----------
wawanwae
wanadamsyah


---------- X ----------


---------- Y ----------
yasrama


---------- Z ----------
zisyahome



DAFTAR SITE FAVORIT

>>> http://www.google.co.id
>>> http://www.alexa.com
>>> http://www.counters4u.com/
>>> http://www.mypagerank.net
>>> http://dir.blogflux.com
>>> http://blogs.top.org
>>> http://www.blogged.com
>>> http://whos.amung.us/stats
>>> http://www.casinohouse.org
>>> http://www.myblogdirectory.net
>>> http://blogterbaik.com/
>>> http://www.millionrss.com/
>>> http://topofblogs.com
>>> http://www.heynounce.com
>>> http://www.zimbio.com
>>> http://www.rssmountain.com/
>>> http://www.ontoplist.com
>>> http://www.feeds4all.nl/
>>> http://www.smitdev.com/
>>> http://directory.seo-supreme.com/
>>> http://www.feedmap.net
>>> http://www.allworldlinks.com/
>>> http://www.amidalla.de/
>>> http://www.feedage
>>> http://idwebhost.biz/
>>> http://www.blogsontop.com/
>>> http://tophits.bloggerian.or.id/







FOLLOWER FRIEND

Copyright © sabirinnet | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog