Mainan Baru Anak Generasi Internet


foto:bundaipiet.files.wordpress.com

Fenomena anak gandrung dengan internet sudah tidak dapat dipungkiri. Bagi anak-anak sekarang berselancar dunia maya bukan hal yang luar biasa atau merupakan hal yang tabu. Karena, berkembangnya tekhnologi internet sudah sangat pesat seiring dengan kecanggihan perangkat handphone sekarang.

Pemandangan di warung internet (warnet) yang dipenuhi dengan anak-anak kisaran 10 s.d 17 tahun bukan hal yang aneh. Internet sekarang berubah fungsi sebagai mainan baru bagi anak-anak jaman sekarang, karena warnet sebagai penyedia jasa berselancar didunia maya gampang untuk disewa, sementara pemilik warnet hampir-hampir tidak memberikan batasan umur bagi pengguna yang datang.

Saya pernah menemui disebuah warnet ada anak berumur 7 tahun yang sudah pinter buka Ficebook. Awalnya saya kira ia ditinggal orang tuanya atau kakaknya ke toilet, atau beli makanan ringan keluar. Sudah satu jam saya perhatikan ia tetap asyik dengan facebooknya, malahan beberapa kali ia membuka aplikasi website untuk orang dewasa. Saya hanya bisa berguman didalam hati, waah kacau deh kalau begini.

Setelah saya tanyakan sama petugas yang jaga disana, ternyata anak berumur 7 tahun itu merupakan langganan tetap di warnet itu.

Melihat fakta yang ada ini, saya sangat miris. Bagaimana generasi kita yang akan datang kalau sekarang saja sudah begini. Semua fasilitas dunia maya sudah mudah di akses oleh anak-anak dibawah umur, baik melalui warnet ataupun handphone.



Artikel Terkait:

148 komentar:

Show/Hide Comment
Website Maintenance mengatakan...

Then, when you are not connected to the Internet, you can retrieve those items directly from your hard drive.

putra mengatakan...

ini memang salah satu dampak negatif dari pendidikan internet pada anak di bawah umur. jadi semuanya berbalik ke orang tua masing masing.

nuansa pena mengatakan...

Kita sebagai orang tua, harus bisa mengarahkannya! Orang tua harus melek internet!

JOLA76 mengatakan...

itulah salah satu dampak internet, tinggal bagaimana kitanya.....

Rizky2009 mengatakan...

iya sob inet sekarang juga dah trend dan banyak yg gandrungi...... dulu waktu masih jaga warnet banyak bgt anak2 SD yg ngenet d tempat aq kerja.... kebanyakan yg d lihat situs2 porno

van mengatakan...

diinternet memang banyak dampak negatifnya....
orantuapun harus memberikan pengawasan lebih ketat terhadap anak tersebut jika anak tersebut main2 ke warnet...warnet2pun sekarang telah menjamur...

lina@women's perspectives mengatakan...

Saya juga prihatin Sob...
Orang tua seharusnya ngga boleh gaptek dan diam saja, anak harus diproteksi dari pengaruh buruk teknologi

sda mengatakan...

turut prihatin dengan kejadian ini...
internet banyak plus minusnya...
sebaiknya batasi waktu anak-anak dalam main di depan komputer.

narti mengatakan...

kalau disini sudah ada filter dari qtel-nya, tapi kadang masih ada juga situs yg menyelonong, jadi tetap awasi/jaga anak2 ketika di depan komputer.

narti mengatakan...

kasihan orang tua yg tdk ngerti komputer, dimintain duit sama anaknya buat ke warnet, tak tahunya buka situs2 dewasa.
kalau tidak diberi uang, ngambek dll....
tidak ngerti komputer dibilang gaptek, ngerti komputer tp disalahgunakan...
bingung...???
tugas kita bersama sebenarnya, bukan hanya ortu si anak. wartel juga jgn hanya nyari duit.

narti mengatakan...

aduh salah....
warnet jgn hanya nyari duit

Rock mengatakan...

Memang hebat anak2 jaman sekarang... hahaha...

LL mengatakan...

Dulu aku kenal internet pertama kali waktu aku kuliah semester 1, sekarang anak umur 7 tahun dah kecanduan internet... Hebat!!!

sewa mobil mengatakan...

beda banget sama permainan saat zamanku dulu
mainnya ya kelereng, layangan dll

alkatro mengatakan...

memang sebuah pemandangan yang dilematis mas.. si warnet ingin mendapatkan tambahan income tapi di sisi lain perkembangan mental pada anak jg rentan.. mungkin orangtua harus berperan aktif dalam menyikapi hal ini..
great post !

mas acrom mengatakan...

jaman sekarang memang begitu yah,oh ya ada tag buat anda mas tolong diambil yah...

Osi mengatakan...

Bertambah canggih teknologi bertambah canggih pula para umat manusianya....bingung dan miris juga bila membayangkan utk masa kedepannya...apa jadinya ya generasi muda nanti ????!!!!

Picas mengatakan...

Mereka bakal g tau permainan permainan kuno deh kyknya..

PicasW mengatakan...

Hmm banyak yang bakal sakit mata deh tu anak-anak

Vincensius mengatakan...

Saya juga anak anak korban internet

sosial seni budaya bisnis mengatakan...

dan teknologi begita mudah untuk di salah gunakan...kejelian dibutuhkan pada masa globalisasi..baik kejelian ngurus anak...dan yang terpenting kejelian dalam memilih sesuatu....segala sesuatu yang disalah gunakan berdampak begitu fatal bagi kehidupan kedepan

Fais cWaKep mengatakan...

sbnr'y dmpak negatif yg mncuL itu krna pngawasan org tua trhdap ank'y yg krang...
shingga mreka trkdang menggunakan fasilitas dunia maya yg sngt funtastic tuk haL yg negatif...

FaceChan mengatakan...

wah2..

mnrutku sih udah biasa...

anak TK di rumahku aja sukanya main game di PC kok..

tp kalo Fban sih ngga....

RifkyMedia™ mengatakan...

makanya banyak anak anak yang dewasa karbitan ya mas?la wong teknologinya mendukung, jaman seumur saya SD dulu, boro boro HP, uang jajan aja dibatasi biar g main nintendo,anak2 skrg sih hp nya keren2 support video, 3G dll..jadi mrk leluasa berselancar di dunia maya..sptnya menjaga anak anak hari ini bakalan lebih sulit deh mas..di protek mereka bakalan bilang g mau ketinggalan jaman, tapi kalau gak bisa bablas..ya ada baiknya kalau orang tua menuntun ke arah yg bermanfaat

bluethunderheart mengatakan...

apalagi blue miris banget.....banyak yg pakai seragam sd and tk udah ngantri d warnet
salam hangat dari blue

software Komputer mengatakan...

hahaha...setuju mas...
gw sering nampak koQ anak'' SD gitu...maen game di warnet...
haha

info teknologi komputer mengatakan...

kadang ada anak kecil nampak anak kecil yang maen game online..pake duit lagi beli pocer..ntah darimana dapat nya tuh anak..
hehe

asep canda mengatakan...

emang sekarang anak anak lebih memilih untuk main game di warnet daripada maen game ps

rizal mengatakan...

bener mas, sekarang sudah susah cari anak2 yang main permainan tradisional dan berganti dengan permainan yang cangih

javabis99 blog bisnis online & hobby mengatakan...

yep, kekuatiran sahabat juga terpikir oleh saya, tapi blm nemu jawabnya juga ..tauk ach .. he..he.. thanks ya

Awaluddin Jamal mengatakan...

ada dampak negatif dan positifnya sih..,

dampak positifnya anak2 jaman sekarang sudah tidak gaptek lagi.., gak seperti saya yang baru tahu internet pada saat masuk SMA.., sekarang anak2 yang baru 7 tahun saja sudah lancar berselancar di dunia Maya..,

nah dampak negatifnya.., anak2 saking pekanya terhadap dunia maya.., eh malah tahu hal2 yang belum sepantasnya mereka tahu..,

jadi bingung juga kalau sudah begini..,

masterGOmaster mengatakan...

memang segala apapun pasti ada positip dan negatifnya tergantung individunya saja maunya gimana, kalo dampaknya untuk teknologi sekarang seperti internet para ortu atau pengelola warnet musti hati hati dan jeli untuk memperhatikan sama anak anak bawah umur kalo lagi ngenet.

Rock mengatakan...

Selamat pagi sobat... Happy blogging.. Have a nice day..

LL mengatakan...

Kunjungan rutin di pagi hari sob...

☼►ABC Blog◄☼ mengatakan...

Salam kenal,
Sepertinya tidak bisa dihindari internet untuk berbagai usia termasuk anak-anak, seharusnya anak anak yang menggunakan internet ada yang mendampingi.
Tidak ada salahnya jika orang tua memberi fasilitas internet di rumah, agar bisa selalu mengawasi... apalagi biaya internet sekarang berbeda jauh dengan beberapa tahun silam

Rinie ◕‿◕ mengatakan...

memang iaa ka.. anak muda jaman sekarang... hhoo

setua apa daku.. hhuu

Telaga Sarangan mengatakan...

Kemajuan teknologi informasi membawa dampak yang sangat positif bagi kita, namun di sisi lain membawa dampak yang negatif. Karena itu perlunya perhatian dari orang tua, pendidik, masyarakat dan pemerintah untuk melindungi dan mencegah anak-anak mengakses konten pornografi yang ada di internet.

Aryo Halim mengatakan...

tapi jangan lupa parental secret atau apa lah namanya itu dipasang, biar situs dewasa gak terakses. Sebenarnya menurut hemat saya internet belum diperlukan utk anak dibawah 15 tahun. karena untuk mencerna pelajaran yang ada saja masih harus extra konsentrasi

nuansa pena mengatakan...

Ayo kita damping anak-anak kita, awasi uang jajan mereka dalam penggunaannya!
Lebih baik pasang internet dirumah dari pada membiarkan mereka ke warnet sendirian!

kie mengatakan...

disisi lain kita ingin kemajuan teknologi mampu menyentuh semua kalangan, baik anak-anak, dewasa, orang kaya, miskin orang kota maupun pelosok. tapi seiring dengan perkembangannya, teknologi selalu barengi dengan dampak negatif bagi semua terutama masalah moral, sosial dan lingkungan...jadi bingung sebenernya apa yang harus kita lakukan ya..?

NURA mengatakan...

salam sobat
memang benar,anak2 sekarang sudah pintar dan gandrung dengan internet.
kalau ditempat saya sana,aman kalau internet buat anak,karena situs yang porno dan yang berbau tidak baik,,sudah diblokir.

hendro mengatakan...

yang penting bisa mendidik dan meningkatkan kreativitas itu tidak masalah bagi saya,,

RADJA BONTANG mengatakan...

memang betul sob internet dibutuhkan semua lapisan masyarakat

tukaran link ya kawan link mu kupasang di blog ku thanks

Smart Club mengatakan...

menurut saya sih bagus lohh anak2 udah mulai maen internet. cuma ya baiknya wnet nya juga dikasih security kali ya supaya gak brosing ke adult site

Just Bookmark mengatakan...

mas jangan merasa tersaingi sama anak2 hahahah semangattttttt

akhatam mengatakan...

Wah orang tua harus kontrol tuh...

afdil mengatakan...

Hampir segala sesuatu itu mempunyai kemungkinan. Apakah kearah positif atau negatif, jangan biarkan anak-anak bermain internet jika tanpa kontrol dari orang tuanya. Karena segala kemungkinan dan pengaruh kontes seo memang mengacaukan keyword. Takutnya yang dicari hal anak-anak, yang didapat untuk 18 th ke atas.

moenas mengatakan...

tuh anak2 bisanya cuma ngeretin duit bonyoknya aje,,,,suka kasihan sama bonyoknya

Acatrazz mengatakan...

Sekalipun begitu semoga sang anak masih senantiasa dalam perhatian biar ngga salah kaprah....nice info

jhonson blog mengatakan...

anak zaman sekarang memang sudah canggih...cuman sayang kegiatan internet bagi anak2 ini lebih besar porsinya ke game online daripada mencari ilmu pengetahuan :)

RumaH curhat mengatakan...

baguss donk,..masih kecil udah bisa ngenet, dibanding dulu, orang2 pada gaptek, tapi dampak negatif nya pasti ada gak dipungkiri,.

Saung Web mengatakan...

Susah juga anak2 sekarang gak bisa dibendung lagi.. perlu pengawasan n bimbingan yg ketat dari ortu..

Dofollow Blog Community mengatakan...

Hehe itulah anak2 jaman It .. bilangnya mau les.. padahal main PS atu Go.. susah..

denie mengatakan...

haloooo gimana kabarnya niiiihhhh.....?????

KucingTengil mengatakan...

makin lama anak2 makin canggih. karena tuntutan zaman kali ya. jangan ampe para ortu kecolongan neh

Prie mengatakan...

Hal yang sama juga terpikir oleh saya mas, anak-anak yang luar biasa pergaulannya dengan didukung kemampuan finansial dikuatirkan terjebak ke hal-hal yang seharusnya tidak mereka konsumsi, mengakses site porno misalnya. Kalo di rumah mereka masih bisa diawasi lha klo dah luar rumah? Warnet bertebaran dimana-mana ....

Tips-Trik mengatakan...

Memang.... mainan anak sekarang beda jauh dengan dulu. Tinggal kita bijaksana sajka menyikapinya.

merawat dan memperbaiki komputer mengatakan...

teknologi memang semakin menjadi,tapi semoga tidak membuat kita mendewakan teknologi diatas kekuatan manusia itu sendiri.bagaimanapun manusialah yang menciptakan teknologi,dan seharusnya manusialah yang merawat dan mejaga agar tidak terjadi hal2 buruk terhadap kemajuan teknologi...

artikel yang sangat bermanfaat mas,maksih infonya...

Johnson Manurung mengatakan...

perlu adanya bimbingan & pengawasan dari para orang-tua dan mungkin harus ada aturan ketentuan mengenai Warnet, misalnya warnet hanya untuk anak2.

@cicin mengatakan...

Menurut saya sech, tidak semua di dunia maya itu berdampak negatif. Karena, ada juga hal-hal penting untuk di ketahui oleh semua umur. Hanya saja, bagi pengguna di bwh umur, memang perlu bimbingan orang tua.

alkatro mengatakan...

saya tidak menyalahkan pihak warnet sih.. pelanggan adalah raja kan?.. dan kalau ada anak kecil ngantongin duit banyak buat nongkrong di warnet berarti orangtua yg berperan besar dalam
mendanai kasus bank century ..haiyah ..dalam kasus ini maksudnya..

(drpd mo ngisi gbook koneksi ane eror; mending komeng lg.. xixiixi.. kabuurr)

ipod headphones mengatakan...

You need to give a full description of what you are shipping and its value. You may want to ship them on a CIF Destination basis (Cost Insurance and Freight). So that the recipient does not have to pay the import customs duty.

new technology mengatakan...

curhat neh, dlu pernah punya game online. miris tiap malem anak-anak kecil ga tau anak sapa klo lg ngegame dari sore ampe pagi. padahal paginya sekolah..
kadang2 juga ampe ada beberapa orang tua yang marah..
fuh bner2 merasa berdosa, akhirnya saya tutup juga meski hasilnya sebetulnya lumayan, cmn yah itu kok seolah-olah merusak generasi muda, hohoho

Devianty mengatakan...

mudah-mudahan anak-anak dapat menyerap efek positifnya saja...

aan mengatakan...

harus ada pendampingan dari orang tua,,

Ambar mengatakan...

perkembangan teknologi banyak segi positif dan negatifnya.. semoga generasi muda kita tidak hancur karena kemajuan teknologi ini.. amin..

Aditya's Blogsphere mengatakan...

Iya...anak-anak di tempat q sukanya ma game online n kadang buka youtube....buka redtube dan lain2 sampe bandwidth nya lemot bgt........kayae ortu harus ketat deh...apalagi tentang redtube dan kawan2nya iya kan bang?

munir ardi mengatakan...

selamat pagi mas semoga sukses

pecintakuliner mengatakan...

Iya Bang Sabirin, anak sekarang mah udah pada tahu internet.. anak saya aja udah kecanduan hehehe...
biasanya dia main di kidzui.com, bukan promo lho... cuman mo sharing..

Reza Fauzi mengatakan...

bukannya bagus ya? kalo anak muda udah kenal internet? hehe

Blogger Terpanas mengatakan...

maka dari itu, kita perlu mendampingi anak-anak ketika mereka bermain

Osi mengatakan...

Met malming mas

Maaf tinggalin jejeak di sini...buku tamunya error melulu saat di enter

Munir Ardi mengatakan...

wah nggak bosan-bosan yah si anak ngenet

☼►ABC Blog◄☼ mengatakan...

Ada perkembangan yang menggembirakan kecil2 sudah melek internet, sedang sisi yang lain mereka mengakses situs2 yang seharusnya bukan untuk mereka... perlu pengawasan dan bimbingan orang tua

harto mengatakan...

setiap kegiatan anak pasti ada segi positip n negatipnya, positipnya biarkan anak2 berkreatip nambah wawasan pengetahuan ambil yang bermanfaatnya saja, yang negatip nya jangan terlalu keseringan main games n inet harus dibatasai waktunya. semuanya tidak lepas dari bimbingan serta pengawasan dari orang tuanya itu sendiri jangan sampai loooss

phonank mengatakan...

Anak jaman sekarang....

makin ngerti teknologi ajah,,

asal jangan ke arah negatif saja

hellgalicious mengatakan...

itu namanya anak GAOL!!

hahaa

ipin mengatakan...

seharusnya sihh admin warnet membatasi penggunaan internet yg dapat merusak generasi penerus bangsa...!

mGm mengatakan...

selamat malam kawan semoga anda sehat selalu,ditunggu postingan barunya kawan.nice post and thanks

yuzrond mengatakan...

hmm.. dampak globalisasi tuch.
orang tua haruz mengawasi. :)

ilham mengatakan...

waaaaah, gawat juga ya kau anak usia 7 tahun udah bisa buka website dewasa....
bisa rusak anak itu.....
hmmm, ada nggak ya solusinya?....

Fi mengatakan...

ya bigimana ya, ku juga bingung nih jadinya.!?!

willy mengatakan...

iya sekarang persaingan warnetpun makin berat
ane kurang pendapatan gara2 itu

alkatro mengatakan...

asal anak kcil tsb jadi kl besok jd anggota dewan, laptopnya nggak digunakan buat main game doang ga masalah... xixixi... Selamat Hari Jurnalis Nasional Mas.. maju terus jurnalis negeriku!

Adin mengatakan...

wah...bener tuh...tapi sebenernya ada baiknya juga, klo dipake untuk nambah pengetahuan sih bagus, tapi klo buat buka yang aneh2 gitu y bahaya...perlu di block mungkin situs2 pornonya...

ina mengatakan...

semakin canggih teknologi, smakin harus canggih pula ortu dlm mengawasi anak2nya.. nice post kakag :)

dukung ina yuk kag :)
Suka dengan tulisan2 ina????,, Bantu dengan Vote Disini
Pilih Nafsul Muthmainah | http://inamuth2.blogspot.com Thanks kakag :)

anak nelayan mengatakan...

klo saya berpikir positif aja untuk mereka
anak sekarang umur segitu dah ngerti komputer tahu internet akan membuat anak2 semakin cerdas
maklum..saya umur 20tahun baru tahu internet

narti mengatakan...

barusan baca berita ce dibawah umur yg dikerjain teman co yg kenal lewat FB.
duh serem sekali...
tugas ortu makin banyak, terus awasi anak2 dalam menggunakan internet.

sda mengatakan...

internet tidak selamanya baik.
ada plus minusnya.

Leader Street mengatakan...

bahaya nih mas, sy jg pernah liat anak2 dah main poker smp larut malam...

Sobat Blog mengatakan...

wah ana2 remaja sekarang dah sering buka2 konten dewasa? bahaya nih untuk perkembangan pembelajarannya...kampanye internet sehat donk mas

Green Blue Phinisi mengatakan...

nice post, pemilik warnet harus punya batasan usia donk, jgn cuma cari keuntungan

seo blog mengatakan...

wah...wah... gimana generasi muda mendatang nii...

anyin mengatakan...

bagus sih... tapi juga jelek dilihat dari lain sisi... wah wah apa kabar sahabat?

Local Download mengatakan...

mudah mudahan generasi muda zaman sekarang tidak hanya gandrung terhadap hal yang negatif pada internet saja,, maksudnya taulah, hehe^^ *di perjelas maksudnya hack, chating, gameonline dsb :D
namun juga mulai menggali hal hal positif mengenai internet.. sperti blogging, membangun sebuah website dsb ^^

salam blogger :D

salam blogger:)

Lowongan Kerja SPG mengatakan...

sebenarnya bagus nih.. jadi melek internet sejak dini.. asal dibimbing aja biar ga buka macem2.. haha..

waroeng coffee mengatakan...

hehehe begitulah jika orang tua tidak bisa mengawasi kegiatan anaknya, yg jelas anak seumur gitu yg salah ortunya bro :) salam kenal :)

Rock mengatakan...

Selamat pagi mas... Happy blogging.. Have a nice day..

LL mengatakan...

Apel wajib di pagi hari...

@ Coy mengatakan...

da yg lbh parah lg umur 5 taon udah bs ngenet mulai maen game online ampe yg g tu" an...

darahbiroe mengatakan...

keren emang anak anak sekarang onakanq juga umur 3 tahun udah pintar main NS gwe kalah :D


berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasihh :)

mas acrom mengatakan...

iya ya koq sekarang anak 2 begitu semua ya ,pintar main internet semua...

Bang Salom mengatakan...

wah, ini fenomena yg bahaya sob...karena bisa menciptakan generasi yg malas dan tidak produktif

7 taman langit mengatakan...

salam sejahtera
Kita sebagai orang tua harus mengawasi anak
dan pengguna facebook juga harus membentengi diri dari manfaat buruk dari facebook tersebut
terima kasih

munir ardi mengatakan...

mudah-mudahan kasus etta di facebook jadi yang terakhir

munir ardi mengatakan...

karena memang sekarang susak untuk mengawasi anak warnet dimana didesakupun udah menjamur , anak ngaku kerja kelompok nyatanya kelompokan facebook di warnet

munir ardi mengatakan...

mari tanamkan pengetahuan agama untuk membentengi anak dari pengaruh tidak baik

javabis99 blog bisnis online n hobby mengatakan...

yep mantap gan, lanjut lagi.

al-basri mengatakan...

salam,
di negara saya kalau anak-anak usia begitu bermain di cyber cafe (warnet) pasti akan ditangkap polis, ibubapa akan diarah membayar denda...
memang seharusnya kemudahan dan kecanggihan teknologi bukan alasan untuk kita meninggalkan soal moral anak-anak.

terima kasih sobat.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

memang benar sobat...
Internet sudah merambah ke desa2 sehingga anak sudah melek teknologi dan malah berdampak buruk. Sebagai orang tua, saya harus senantiasa mendampingi anak2 dalam setiap kegiatan onlinenya.

Adit's Blog mengatakan...

internet emang udah menjamur kk birin, sampe2 mereka rela bolos demi internetan (game online).
akupun pernah seperti itu sampe2 nginep seharian maen game online. hehe...
tapi sekarang sudah gede jd gk seperti itu agy.
hihi..

Lam kenal mas

Belogger Prost mengatakan...

wah2....ada2 saja

willy mengatakan...

memang lagi ngetrend banget nihh anak2 sekarang pada main game online

imonli mengatakan...

also need to watch these kids play games online

belajar dan berbagi mengatakan...

kemajuan teknologi memang tidak dapat dibendung, namun semoga saja tidak menjurus ke hal hal negatif bagi anak ^.^

ipod headphones mengatakan...

We have a garden that they helped plant and they water it, they also help out w/ my aunts cat sanctuary (she rescues lost and injured cats) during the wk...so they're not constantly locked up in the house.

Prie mengatakan...

Perlu adanya sinergi antara orang tua, guru di sekolah, dan tentunya aparatur negara, untuk lebih bijak dalam pemberlakuan izin akses internet bagi anak-anak dibawah umur. Dan dasar pemahaman agama menurut saya sangat penting ditekankan kepada anak-anak agar mereka lebih bisa memilah dan memilih mana konten yang layak dikonsumsi dan mana yang musti ditinggalkan ...

ahmad mengatakan...

padahal udah ada parental control loh...!!
kok ya tetep aja kaya gini..jadi yang disalahkan siapa kalo kaya gini??

Facebook mengatakan...

orangtua memang harus lebih memperhatikan aktivitas anak....

Aditx mengatakan...

kalau menurut saya mas , bermain internet itu tidak masalah asal dengan batas sewajarnya . . dan jangan lupa belajar . .xixixi

udung mengatakan...

seperti yang pernah saya baca, kemajuan teknologi bagaikan pisau bermata dua, dengan bekal bimbingan yg benar maka akan digunakan dengan cara yang benar,apa bila tanpa bimbingan / dengan bimbingan yng salah akan menjadi ilmu yang merusak... tergantung tangan kita hendak digunakan untuk apa dan akan di bawa kemana pengetahuan kita ini.....

Johnson Manurung mengatakan...

Para orang tua harus lebih mewaspadai anak2nya, dan memberikan pengarahan & contoh agar kemajuan teknologi/internet memberi dampat positif bagi anak dan bukan sebaliknya. Salam

free classified mengatakan...

Internet is computer network with thousands of accessible computers to check out.

midjin mengatakan...

hai nice post my friends

ipod headphones mengatakan...

I find it mind-boggling that there was a point in time when you looked at him and thought to yourself: "Yep, this is the perfect father of my future childr

MisterX mengatakan...

Kudu pinter-pinter awasin anak bro, sebagai orang tua ga bisa begitu aja melepas anak ke warnet / koneksi internet dirumah,,,

Blogwalking bro, maklum blogger baru, ditunggu kunjungan dan saran-saranya. Linknya udah aku pasang, semoga berkenan bertukar link juga (Ngarep mode on :) Thx

ipod headphones mengatakan...

Admittedly, it is the truth that the prevalent advertisements may mislead the youths to over-consume, because [Remove comma; "because" is not a conjunction] youngsters usually lack the capacity of controlling their consuming desire.

free classified mengatakan...

really you have a great content knowledge...

berita unik mengatakan...

semoga aja kemajuan teknologi digunakan untuk hal-0hal positif

REMAJA mengatakan...

Selama itu positif bagi perkembangan pengetahuan anak saya pikir tidak jadi masalah. Masalahnya adalah, kalau seperti yg juragan bilang anak usia 7 tahun main di warnet siapa yag monitoring coba...

Kalo di rumah kan masih bisa diawasi ortu. sedangkan kita tau sendiri semua ada di internet (mulai yg positif sampai yg negatif)

Echa mengatakan...

mci kecil udah di kci maenan komputer biar mata'y gak sehat.. @.@

zen-zen mengatakan...

Kita dukung nih rencana pemblokiran situs asusila. Terima kasih atas infonya. Terus berkarya. Izin ambil ilmunya nih.

Anonim mengatakan...

One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment

thomas sabo charms mengatakan...

Whenever wandering thomas sabo charms in a very wintry thomas sabo jewellery wonderland totals some sparkle thomas sabo uk to any eyes, and even memories thomas sabo rings of any big day thomas sabo watch to the fields makes a thomas sabo watches grin on your face, or thomas sabo wholesale simply the original thomas sobo bracelets snowflakes of the weather sabo jewellery build someone feel like thomas charm bracelets a baby when, a perfect gift idea is thomas sabo rings correct on you- Snowflake thomas sabo watch earrings. Snowflake thomas sabo watches bracelets, hooks and pendants arrive thomas sabo wholesale lots of types. There may for thomas sobo bracelets certain a single i mean the ideal section for you, above thomas sabo charm all, to one's special someone.New discovery a couple of snowflake rendering it a real ideal bracelets focus?

Barossa Tours mengatakan...

What is an internet friendship? How close can we go with an opposite sex having internet friendship? What is the difference of dating in real person and internet dating? Why do we feel close with internet friends more than anything else and feel like meeting him / her again and again in person?

Agen jelly gamat surabaya mengatakan...

iya...

kebanyakan anak" yg k warnt, main game onlinelah,fbanlah, bahkan ada ank yg sekedar mau nontn video porno!

memilukan sekali!

xamthone plus mengatakan...

ada hal positip dan ada negatifnya juga kalau anak di bawah umur sudah terjerumus ke dunia internet,maka sangat di butuhkan sekali peran orang tua untuk membimbingnya,terimakasih infonya semoga bermanfaat

agen xamthone plus pontianak mengatakan...

ada manfaatnya kalo anak sudah mengenal internet.
dan juga ada bahayanya.

pengobatan alami jantung bocor mengatakan...

udah jaman nya gini mas, tugas para orang tua untuk mengawasi dan mengajari apa-apa yang baik di internet atau yang buruk

pengobatan alami nyeri sendi mengatakan...

ngikut sama yang di atas

gamat luxor mengatakan...

ya harusnya pemilik warnet yang harus bsa brtndak tegas...

cara mengobati kanker serviks mengatakan...

aduh masih kecil udaha maen ke warnet kalo liat situs yang tidak baik gmn

obat herbal mengatakan...


Bagus banget informasinya gan

lanjutkan terus ya

jual obat herbal mengatakan...

wuish hwbat masih kwcil udah ngerti internet ya !
kalah saya ! whuiw.... !!!

Obat Herbal Pengobatan Tetanus mengatakan...

amazing ....

Obat Herbal Gondok mengatakan...

anak anak sekarang makin bertambah wawasannya ,semoga makin maju ...

Obat Herbal Kista mengatakan...

anak anak canggih .

obat lemah syahwat mengatakan...

makasih atas infonya sangat menarika>

Posting Komentar

"Mari Kita Bertutur Kata Dengan Santun"
Silahkan sampaikan komentarnya ya, dan kalau berkenan pakai Name/URL saja supaya saya mudah mengunjungi blog sobat.
Terima Kasih Sukses Untuk Semua.

 

Link Banner

---------- A ----------
Andy MSE
anotherstoryfromme
alamsyah.rasyid
andaka
arhan
awan.wibawa
agusnaim
AhmedRidho
Artikel Internet


--------- B ---------
Blogger Ceria
brokencode
baladika
blogguebo
brokethesoul
blog.mriza
bernard-notes
Bamz
babbicool
bintorobisnis
www.bramwijaya.blogspot.com/
blenza/


---------- C ---------
cariuangtambahan.
catatan si putera
ceritaonlineku


---------- D ----------
Denbagus
Dunia Komputer
danu
dewahyoe
dexno
dhuwuh
www.dwi-isnein.blogspot.com
diagnosticoweb

---------- E ----------
Erwin Nassa
exelinca


---------- F ----------
fahry
freewareforall
firta-ku


---------- G ----------
gareng
gudangmusik


---------- H ----------
harry.sufehmi
harry99
hilmanpribadi
hardono.melesat
hapebewe


---------- I ----------
idebisnisusaha
ivan.faderlan


--------- J ----------
jimmysun
jimmykurniaindradjaya
justBookmark


---------- K ----------
kliksajayangkaumau
koolsonic
kolomkesehatan
kluwanDotCom
kluwanOne
kluwanTwo


---------- L ----------
latuminggi
lafalofe
LinkTea
Laksana-Embun


---------- M ----------
master united indonesia
m4s73r
My Blue Thunder Heart's Blog
mybluegreen
melodanta
make up
Money Cent's Powers
miaw's world


---------- N ----------
ningtyasindri
nichpakaich
negerihijau
ngkong
nanieku.blogspot
negeri bunguran


---------- O ----------
oktasihotang
Oricadiary


---------- P ----------
penulislepas
permanaj
penyuonline
promobebas
poetramahardika


---------- Q ----------


---------- R ----------
ristizona
rifkymedia's Blog
realish
rizky2009
rozy
rock


---------- S ----------
sumintar
sawali
sampepuas
semarangreview
sekitarkita
saintangel08
sukseslewatinternet
sapimoto
Sita
www.sedot-go.blogspot.com
sigmabisnis
Serunya Belajar SEO secangkir teh sekerat roti


---------- T ----------
tipis.web
tonijauhari
tantan-hilyatana
tera.sirumah
Tempat Dollar
Tutuorial News Information


---------- U ----------
utchanovsky


---------- V ----------
vaseppi
yopanprihadi


---------- W ----------
wawanwae
wanadamsyah


---------- X ----------


---------- Y ----------
yasrama


---------- Z ----------
zisyahome



DAFTAR SITE FAVORIT

>>> http://www.google.co.id
>>> http://www.alexa.com
>>> http://www.counters4u.com/
>>> http://www.mypagerank.net
>>> http://dir.blogflux.com
>>> http://blogs.top.org
>>> http://www.blogged.com
>>> http://whos.amung.us/stats
>>> http://www.casinohouse.org
>>> http://www.myblogdirectory.net
>>> http://blogterbaik.com/
>>> http://www.millionrss.com/
>>> http://topofblogs.com
>>> http://www.heynounce.com
>>> http://www.zimbio.com
>>> http://www.rssmountain.com/
>>> http://www.ontoplist.com
>>> http://www.feeds4all.nl/
>>> http://www.smitdev.com/
>>> http://directory.seo-supreme.com/
>>> http://www.feedmap.net
>>> http://www.allworldlinks.com/
>>> http://www.amidalla.de/
>>> http://www.feedage
>>> http://idwebhost.biz/
>>> http://www.blogsontop.com/
>>> http://tophits.bloggerian.or.id/







FOLLOWER FRIEND

Copyright © sabirinnet | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog