Antara Idealisme dan Resiko Wartawan



Sebagai pencari berita. Atau dalam istilah sekarang kuli disket bukanlah pekerjaan yang mudah. Pengalaman saya pribadi, banyak kasus yang harus diungkap, tetapi tidak mengesampingkan dampak yang bakal terjadi dari berita tersebut. Dampak bagi masyarakat dan dampak bagi si pembuat berita.

Disinilah, wartawan diminta untuk benar-benar bijakasana sebelum mengangkat berita-berita tersebut, norma-norma kesusilaan juga dijunjung tinggi, dimana pihak pengelola surat kabar atau media elektronik tidak hanya mementingkan unsur bisnis saja, mereka juga diminta untuk memikirkan dampak dari setiap berita yang diterbitkan atau ditayangkan.

Sebagai orang yang masih awam dibidang jurnalistik, saya ada sedikit pengalaman selama menjalankan tugas dilapangan.

Sekitar tahun 1997, saya mendapat laporan dari masyarakat disalah satu desa di Kecamatan Bintang Ara (waktu itu masih kecamatan Haruai) Kabupaten Tabalong bahwa Kepala Desa (kades) mereka selama ini memepunyai pekerjaan sampingan yakni sebagai penadah kayu liar atau dalam istilah kerennya sekarang Illegal Logging.

Akibat dari ulah kades ini, jalan desa yang seharusnya dipelihara dengan sebaik-baiknya justru rusak berat akibat dari keluar masuknya truk-truk bermuatan kayu didesa tersebut.

Yang lebih fatal lagi, jembatan satu-satunya yang menghubungkan desa dengan ibu kota kecamatan juga rusak parah, dan masyarakat menuding kerusakan jembatan dan jalan itu akibat dari ulah truk-truk pengangkut kayu liar milik sang kades.

Maklumlah pada waktu itu masih jaman Orde Baru, jadi laporan-laporan masyarakat kepada pihak berwenang seolah hanya angin lalu saja dan ini membuat masyarakat memilih alternatif untuk memuat kasus itu ke media massa.

Karena waktu itu saya adalah satu-satunya wartawan disana, maklum jaman oarde baru menjadi wartawan sangat selektif tidak seperti jaman reformasi sekarang, wartawan seperti jamur dimusim hujan.

Mendapat laporan dari masyarakat disana, sayapun mempelajari kasus ini secara mendetail. Karena, pada jaman orba dalam kasus Illegal Logging sangat identik dengan keterlibatan aparat, jadi saya harus berhati-hati dalam menangani kasus itu.

Perlu diketahui, sebagai seorang wartawan kita berkewajiban untuk mementingkan kepentingan masyarakat. Kalau hak-hak masyarakat dianiyaya, masyarakat dikebiri, ditipu, atau bikin sewenang-wenang, insan pers harus berada didepan, dan berkewajiban untuk membela mereka.

Setelah saya turun kelapangan, ternyata apa yang disampaikan oleh warga itu benar, kades mereka benar-benar mempunyai kerja sampingan yakni sebagai penadah kayu haram. Setelah mengumpulkan informasi dari sumber-sumber disana, dan mendapatkan bukti-bukti pendukung seperti foto kegiatan si kades, maka sayapun mencoba untuk menurunkan satu berita dimedia harian waktu itu saya bekerja.

Besoknya berita saya keluar dan menghebohkan seantero desa…bahkan sampai ke ibu kota kabupaten. Buktinya, setelah berita saya keluar Kapolres beserta jajarannyta langsung turun kelapangan untuk melakukan penyidikan dengan dasar berita tersebut. Akibat dari berita itu, masyarakat disana sangat senang bukan kepalang. Tetapi kasusnya bukan berhenti sampai disitu saja. Disisi lain keluhan masyarakat sudah terselesaikan dan mereka puas, tetapi si kades tidak tinggal diam, ia kesana-kemari mencari si wartawan yang membuat berita tersebut.

Akhirnya pertemuan yang tidak saya harapkan terjadi juga. Ketika saya menaiki kantor Bupati menuju ruangan Humas, ternyata diatas tangga kades itu sudah menunggu.

Entah tahu dari mana kalau saya adalah wartawan, ketika bertemua ia langsung mencerca saya dengan puluhan pertanyaan…yang semuanya saya jawab apa adanya. Tetapi, saya tetap melindungi sumber-sumber saya didesa itu walaupun si kades terus mendesak saya agar menyebutkan nama dari si pelapor.

Merasa tidak mendapat jawaban yang memuaskan, akhirnya terjadi adu mulut antara saya dengan kades itu, dan karena sama-sama emosional kami hampir adu jotos di kantor Bupati. Hal ini menyita perhatian bapak-bapak PNS disana, mereka seperti menonton topeng moyet saja…(karena waktu itu tidak pernah terjadi ada orang kelahi di kantor Bupati….hehehee) Nah..sekarang pembaca sudah tahu..inilah salah satu dari resiko menjadi wartawan pada jaman orba…sementara pada jaman reformasi sekarang sangat jarang terjadi wartawan digebuki, wartawan dibacok atau wartawan diculik…

Apa yang saya sampaikan ini semata-mata hanya shering kepada pembaca, bahwa dibalik keinginan kita untuk membela masyarakat dari hak-hak mereka yang tertindas, disisi lain kita juga berhadapan dengan resiko dari pembelaan tersebut. Artinya sebelum melakukan sebuah keputusan segala akibat dari keputusan itu harus kita lakoni, suka maupun dukanya…ooyyeee…n’tar kita sambung lagi pada postingan berikutnya…by..



Artikel Terkait:

57 komentar:

Show/Hide Comment
asep canda mengatakan...

wah ternyata tidak gampang ya mas untuk jadi seorang wartawan heheheheheh

Financial Adviser mengatakan...

wah wartawan nih
Hmmm...
betul-betul dituntut profesional

berita unik mengatakan...

pekerjaan paling menantang
pengen juga jadi wartawan, apalagi pas terinspirasi sinetron Dian Sastro. Dunia tanpa tanda koma

harto mengatakan...

Oooo ternyata blognya wartawan tooo...
Selamat beraktivitas semoga suksess dan dapat berita2 yang menarik & akurat.

Unknown mengatakan...

salam sahabat
ehm..ternyata gitu tah?good posting..lagi di china belum bisa full ol ya..thnx n good luck

Upex Rock mengatakan...

Oooo, ternyata mas wartawan tho... makanya mantabs2 banget artikelnya... Sippp...

blog mengatakan...

hello how r u

Kesuksesan Hidup | Renungan | Motivator | Motivasi | Kata Bijak mengatakan...

Artikel yang sangat menarik sahabat...

Dalam melaksanankan pekerjaan, memang kadangkala terjadi benturan antara idealisme dan resiko...
Apalagi pekerjaan sahabat sebagai seorang wartawan, mungkin benturan antara idealisme dan resiko ini lebih sering terjadi.

Tetap semangat sahabat :)

Sukses Selalu...

AIDS memanggilmu "REMAJA" mengatakan...

Bagus Shob! Tapi memang masih banyak wartawn dan pemuda kita yang masih nakal, dan ini harus diperbaiki. OK!

SALAM REMAJA DAN PEMUDA !!

SABIRINNET MENJAWAB : mengatakan...

TERIMA KASIH NICH SOBAT YG UDAH MEMBERIKAN SARAN DAN KRITIKANNYA, MUDAHAN BISA MENJADIKAN PENGALAMAN BARU BAGI SAYA BAGI KITA SEMUA. THANK'S.

bliyanbayem mengatakan...

memang susah jadi wartawan. salah-salah nyawa jadi taruhannya. seperti kasus wartawan di bali yang dibunuh karena mengungkap kasus korupsi di kabupaten bangli. tetep semangat ya mas!!

adeska mengatakan...

mempertahankan idealisme, sesuatu yg membutuhkan perjuangan dan idelisme itu sendiri, di jaman sekarang ini. tanpa idealisme, hidup akan terasa selalu ada yg kurang, utk tidak mengatakan: hidup hampa.

Komova706 mengatakan...

Kuli disket?hmm,kayaknya harus diganti kuli flashdisk. Disket dah termasuk jenis barang klasik skrg, mas.

kelirirenk mengatakan...

Wartawan adalah yang menguasai informasi, kadang juga kedudukannya lebih tinggi dari pada penguasa bagi pejabat yang ketakutan akan ketidakjujurannya

javabis99 | Bisnis n Hobby Blog mengatakan...

wah sahabat saya ternyata wartawan toh, idealisme tetap perlu ya, sukses deh bro.

Indonesia Java International Destination mengatakan...

profesi yang penuh tantangan dan resiko..

Johnson Manurung mengatakan...

Wartawan adalah profesi yang penuh resiko terlebih bila berita yang disampaikan menyangkut "tokoh atau pejabat" negara ini, salut tuk sahabatku yg berani menyampaikan informasi yang sebenarnya. Salam

Anonim mengatakan...

One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment

Hana Sisworini mengatakan...

apakah ada pengalaman pribadi lain saat menginvestigasi kasus korupsi 'baru-baru' ini?

Cheap SSL mengatakan...

Very insightful new submit. Never imagined that it was this very simple right after all. I’d invested of my time looking for anybody to discuss this topic clearly and you are the only one that actually do that.

Agen xamthone plus bandung mengatakan...

bahasan yg sngt mnarik gan!

foredi boyke mengatakan...

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Foredi mengatakan...

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

foredi gel apotik mengatakan...

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

foredi gorontalo mengatakan...

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

foredi jakarta mengatakan...

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

foredi jambi mengatakan...

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

foredi jember mengatakan...

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

foredi karawang mengatakan...

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

foredi kediri mengatakan...

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

foredi kendari mengatakan...

Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

foredi kupang mengatakan...

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

foredi lampung mengatakan...

baguss,boleh dicoba

Foredi Luar Negeri mengatakan...

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

foredi madiun mengatakan...

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

foredi magelang mengatakan...

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

foredi makassar mengatakan...

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

foredi malang mengatakan...

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

foredi mataram mengatakan...

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

foredi medan mengatakan...

Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

foredi murah mengatakan...

Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

foredi padang mengatakan...

Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

alang alang mengatakan...

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

kunir putih mengatakan...

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

rumput mutiara mengatakan...

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

songgolangit mengatakan...

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

tempuyung mengatakan...

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

Tissue majakani mengatakan...

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

vagina bau mengatakan...

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

cara merapatkan vagina mengatakan...

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

perawatan vagina mengatakan...

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Intimate tissue mengatakan...

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

perawatan vagina mengatakan...

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Tissue dr boyke mengatakan...

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Tissue majakani mengatakan...

Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

Tissue double manjakani mengatakan...

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

tisu majakani mengatakan...

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

Posting Komentar

"Mari Kita Bertutur Kata Dengan Santun"
Silahkan sampaikan komentarnya ya, dan kalau berkenan pakai Name/URL saja supaya saya mudah mengunjungi blog sobat.
Terima Kasih Sukses Untuk Semua.

 

Link Banner

---------- A ----------
Andy MSE
anotherstoryfromme
alamsyah.rasyid
andaka
arhan
awan.wibawa
agusnaim
AhmedRidho
Artikel Internet


--------- B ---------
Blogger Ceria
brokencode
baladika
blogguebo
brokethesoul
blog.mriza
bernard-notes
Bamz
babbicool
bintorobisnis
www.bramwijaya.blogspot.com/
blenza/


---------- C ---------
cariuangtambahan.
catatan si putera
ceritaonlineku


---------- D ----------
Denbagus
Dunia Komputer
danu
dewahyoe
dexno
dhuwuh
www.dwi-isnein.blogspot.com
diagnosticoweb

---------- E ----------
Erwin Nassa
exelinca


---------- F ----------
fahry
freewareforall
firta-ku


---------- G ----------
gareng
gudangmusik


---------- H ----------
harry.sufehmi
harry99
hilmanpribadi
hardono.melesat
hapebewe


---------- I ----------
idebisnisusaha
ivan.faderlan


--------- J ----------
jimmysun
jimmykurniaindradjaya
justBookmark


---------- K ----------
kliksajayangkaumau
koolsonic
kolomkesehatan
kluwanDotCom
kluwanOne
kluwanTwo


---------- L ----------
latuminggi
lafalofe
LinkTea
Laksana-Embun


---------- M ----------
master united indonesia
m4s73r
My Blue Thunder Heart's Blog
mybluegreen
melodanta
make up
Money Cent's Powers
miaw's world


---------- N ----------
ningtyasindri
nichpakaich
negerihijau
ngkong
nanieku.blogspot
negeri bunguran


---------- O ----------
oktasihotang
Oricadiary


---------- P ----------
penulislepas
permanaj
penyuonline
promobebas
poetramahardika


---------- Q ----------


---------- R ----------
ristizona
rifkymedia's Blog
realish
rizky2009
rozy
rock


---------- S ----------
sumintar
sawali
sampepuas
semarangreview
sekitarkita
saintangel08
sukseslewatinternet
sapimoto
Sita
www.sedot-go.blogspot.com
sigmabisnis
Serunya Belajar SEO secangkir teh sekerat roti


---------- T ----------
tipis.web
tonijauhari
tantan-hilyatana
tera.sirumah
Tempat Dollar
Tutuorial News Information


---------- U ----------
utchanovsky


---------- V ----------
vaseppi
yopanprihadi


---------- W ----------
wawanwae
wanadamsyah


---------- X ----------


---------- Y ----------
yasrama


---------- Z ----------
zisyahome



DAFTAR SITE FAVORIT

>>> http://www.google.co.id
>>> http://www.alexa.com
>>> http://www.counters4u.com/
>>> http://www.mypagerank.net
>>> http://dir.blogflux.com
>>> http://blogs.top.org
>>> http://www.blogged.com
>>> http://whos.amung.us/stats
>>> http://www.casinohouse.org
>>> http://www.myblogdirectory.net
>>> http://blogterbaik.com/
>>> http://www.millionrss.com/
>>> http://topofblogs.com
>>> http://www.heynounce.com
>>> http://www.zimbio.com
>>> http://www.rssmountain.com/
>>> http://www.ontoplist.com
>>> http://www.feeds4all.nl/
>>> http://www.smitdev.com/
>>> http://directory.seo-supreme.com/
>>> http://www.feedmap.net
>>> http://www.allworldlinks.com/
>>> http://www.amidalla.de/
>>> http://www.feedage
>>> http://idwebhost.biz/
>>> http://www.blogsontop.com/
>>> http://tophits.bloggerian.or.id/







FOLLOWER FRIEND

Copyright © sabirinnet | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog