Kebebasan Pers Bukan Kebablasan

Media komunikasi pribadi, media massa dioperasikan oleh seperangkat sumber daya manusia yang bekerja sebagai jurnalis/wartawan. Mereka bertugas mengumpulkan realitas di seputar kehidupan manusia, dengan fungsi memperpanjang mata dan telinga. Mereka mengumpulkan semua pikiran, untuk memperluas kemampuan otak. Mereka mengumpulkan semua fakta dan data untuk memperluas pengetahuan dan kemampuan bertahan hidup manusia. Karena fungsi inilah pula, integritas jurnalis/wartawan harus dijaga.
Pasalnya, jika seseorang tidak punya batas susila, etik dan moral, maka hidupnya tidak lebih dari hidup seekor hewan.
Menjaga integritas jurnalis/wartawan dalam bekerja, adalah juga menjaga hak azasi manusia. Menjaga kebebasan pers, juga menjaga hak azasi manusia. Kebebasan pers tidak pernah kebablasan. Yang ada adalah penyimpangan integritas jurnalis/wartawan. Sebab kebebasan pers adalah bagian integral dari hak azasi manusia. Tidak ada pelaksanaan Hak Azasi Manusia yang kebablasan toh? Menyebut Kemerdekaan Pers kebablasan adalah kesalahan pandang pada sebuah persoalan. Seharusnya ketika produk media bertentangan dengan nilai-nilai masyarakat, maka yang harus ditilik adalah para pengrajinnya. Para Kuli Tinta yang bekerja memproduksi materi komunikasi massa. Integritas mereka yang musti ditilik. Jangan-jangan, inti persoalannya adalah maraknya pelanggaran etik profesi para wartawan. Setuju tidak? Pasalnya, jika seseorang tidak punya batas susila, etik dan moral, maka hidupnya tidak lebih dari hidup seekor hewan. Justru hak asazi manusia dibuat secara tertulis, untuk memelihara harkat kemanusiaan manusia. Tugas wartawan adalah untuk menjaganya. Kira-kira menurut saudara bagiaman…apa setuju..???


Artikel Terkait:

6 komentar:

Show/Hide Comment
Jualan Barang mengatakan...

emang udah kebablasen....
beritanya sering di lebih2kan
padahal biasa aja

sahabat mengatakan...

kalo menulis sesuatu yang belum pasti, seperti gossip gmana tuh..? kan belum tentu bener tapi sudah ditulis....
Hak asasi yang di pake versi mana mas, kalo "versi barat" kan berbeda alias bermuka dua...he..he
Sukses ya..

sabirinnet mengatakan...

>>> jualan barang : kalo dibilang kebablasan sih kurang tepat..mungkin karena selama jaman orba dunia pers terlalu dibatasi yaa jadinya begini..banyak kawan2 pers yang bertindak semaunya..tanpa memperdulikan lagi etika...makasih udah mampir mas yaa..

>>> sahabat : sekarang sudah diatur tentang kebebasan pers untuk berkarya dan berekspresi. yang penting tidak melanggar aturan hukum KUHP atau tindak pidana...karena media elektronik menguasai ruang segala laporannya bisa disampaikan secara live atai langsung kepada pemirsa. sekarang tinggal kita aja lagi yang menilai..apakah ini kebablasan atau memang aturannya yang sengaja dibuat begini...makasih sahabat udah mampir...

Miawruu mengatakan...

Makin lama, dunia pers kita semakin menuju kebablasan. Banyak informasi yang salah diberitakan karena terlalu dilebih2kan tanpa melakukan cek dan ricek terlebih daulu. Sebagai contoh kita ambil saja ebebrapa kasus seperti Manohara, Kematian Noordin M Top, dan terakhir berita pengklaiman Bali oleh Malaysia. Yang ternayat ketiga berita itu pers banyak melakukan eksploitasi berita besar2an tanpa melakukan cek kebenarannya lebih dalam sehingga terbentuklah opini masyarakat yang salah karena pemberitaan tersebut.

Bukankah seharusnya wartawan atau pers harus bs bersikap netral dan tidak memihak agar mereka bisa melacak kebenaran dari dua sisi suatu berita. Tapi skrg pers kita cenderung membentuk opini mereka sendiri sehingga tak jarang opini mereka menjadi propaganda dalam masyarakat.

Ironisnya, setelah berita yg mereka siarkan itu (lebih tepatnya opini) ternyata salah (kasus Noordin) dengan arogansi nya media tidak meralat atau sekedar meminta maaf kepada masyarakat atas kesalahan informasi mereka (kasus pengklaiman tarian pendet Bali oleh Malaysia). Sehingga opini yg salah tersebut tetap berkembang ditengah2 masyarakat sehingga menimbulkan propaganda yang berakibat buruk terhadap hubungan Indonesia dan Malaysia, khsususnya antara masyarakat kedua negara tersebut.

Kalo para wartawan atau pers di bikin RUU ttg kebebasan pers, mereka seakan2 alergi dg RUU tsb dg menuding bahwa kebebasan pers telah di rampas. Akan tetapi, jika RUU ttg kebebasan pers tidak ditegaskan, media malah semakin menuju kebebasan yg kebablasan demi membuat berita semenarik mungkin dengan membikin suatu pemberitaan yang berlebihan (sikap netralnya mulai hilang dg muali membentuk opini tersendiri) agar rating acaranya tinggi.

Dan sangat disayangkan, bahwa masyarakat kita ga bisa menyaring informasi yg diberikan oleh media dan emnelan segala bentuk informasi bulat2 sehingga menimbulkan berbagai macam polemik yang negatif

Anonim mengatakan...

One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment

gaohui mengatakan...

Photographing jewellery thomas sabo bracelet can be tricky, but with a few concepts and budget below US$500 it is possible to thomas sabo bracelets achieve near-professional look of the photographs. This guide thomas sabo bracelets uk is intended for absolute beginners. Terminology is simplified, and camera thomas sabo bracelet clearanceadjustments are discussed with only jewellery in mind. Strung together innovatively with thomas sabo charm bracelet gold or silver wire, these form great offbeat organic jewelry. Pearls are as versatile as you want to make them, choose pearl jewelry that is thomas sabo charms bracelet crafted to bring out your features and attitude to their discount thomas sabo bracelet best advantage.

Posting Komentar

"Mari Kita Bertutur Kata Dengan Santun"
Silahkan sampaikan komentarnya ya, dan kalau berkenan pakai Name/URL saja supaya saya mudah mengunjungi blog sobat.
Terima Kasih Sukses Untuk Semua.

 

Link Banner

---------- A ----------
Andy MSE
anotherstoryfromme
alamsyah.rasyid
andaka
arhan
awan.wibawa
agusnaim
AhmedRidho
Artikel Internet


--------- B ---------
Blogger Ceria
brokencode
baladika
blogguebo
brokethesoul
blog.mriza
bernard-notes
Bamz
babbicool
bintorobisnis
www.bramwijaya.blogspot.com/
blenza/


---------- C ---------
cariuangtambahan.
catatan si putera
ceritaonlineku


---------- D ----------
Denbagus
Dunia Komputer
danu
dewahyoe
dexno
dhuwuh
www.dwi-isnein.blogspot.com
diagnosticoweb

---------- E ----------
Erwin Nassa
exelinca


---------- F ----------
fahry
freewareforall
firta-ku


---------- G ----------
gareng
gudangmusik


---------- H ----------
harry.sufehmi
harry99
hilmanpribadi
hardono.melesat
hapebewe


---------- I ----------
idebisnisusaha
ivan.faderlan


--------- J ----------
jimmysun
jimmykurniaindradjaya
justBookmark


---------- K ----------
kliksajayangkaumau
koolsonic
kolomkesehatan
kluwanDotCom
kluwanOne
kluwanTwo


---------- L ----------
latuminggi
lafalofe
LinkTea
Laksana-Embun


---------- M ----------
master united indonesia
m4s73r
My Blue Thunder Heart's Blog
mybluegreen
melodanta
make up
Money Cent's Powers
miaw's world


---------- N ----------
ningtyasindri
nichpakaich
negerihijau
ngkong
nanieku.blogspot
negeri bunguran


---------- O ----------
oktasihotang
Oricadiary


---------- P ----------
penulislepas
permanaj
penyuonline
promobebas
poetramahardika


---------- Q ----------


---------- R ----------
ristizona
rifkymedia's Blog
realish
rizky2009
rozy
rock


---------- S ----------
sumintar
sawali
sampepuas
semarangreview
sekitarkita
saintangel08
sukseslewatinternet
sapimoto
Sita
www.sedot-go.blogspot.com
sigmabisnis
Serunya Belajar SEO secangkir teh sekerat roti


---------- T ----------
tipis.web
tonijauhari
tantan-hilyatana
tera.sirumah
Tempat Dollar
Tutuorial News Information


---------- U ----------
utchanovsky


---------- V ----------
vaseppi
yopanprihadi


---------- W ----------
wawanwae
wanadamsyah


---------- X ----------


---------- Y ----------
yasrama


---------- Z ----------
zisyahome



DAFTAR SITE FAVORIT

>>> http://www.google.co.id
>>> http://www.alexa.com
>>> http://www.counters4u.com/
>>> http://www.mypagerank.net
>>> http://dir.blogflux.com
>>> http://blogs.top.org
>>> http://www.blogged.com
>>> http://whos.amung.us/stats
>>> http://www.casinohouse.org
>>> http://www.myblogdirectory.net
>>> http://blogterbaik.com/
>>> http://www.millionrss.com/
>>> http://topofblogs.com
>>> http://www.heynounce.com
>>> http://www.zimbio.com
>>> http://www.rssmountain.com/
>>> http://www.ontoplist.com
>>> http://www.feeds4all.nl/
>>> http://www.smitdev.com/
>>> http://directory.seo-supreme.com/
>>> http://www.feedmap.net
>>> http://www.allworldlinks.com/
>>> http://www.amidalla.de/
>>> http://www.feedage
>>> http://idwebhost.biz/
>>> http://www.blogsontop.com/
>>> http://tophits.bloggerian.or.id/







FOLLOWER FRIEND

Copyright © sabirinnet | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog