Berbuka Puasa di Gereja

skala2

Gereja Kristen Jawa Manahan, Solo, sudah 13 tahun ini menggelar acara buka bersama. Ini telah berlangsung sejak krisis moneter melanda negeri sekitar tahun 1997. Niat awal didasari oleh rasa iba kepada saudara muslim yang kurang mampu. Sebagian besar yang ikut serta kegiatan itu adalah tukang becang, buruh bangunan, pedagang asongan dan lain-lain.
Tapi, buka puasa bersama ini memang tidak gratis. Hanya saja harga makanannya supermurah. Cuma dipungut biaya Rp 500 per porsi, mereka bisa menghemat pengeluaran uang konsumsi dibandingkan dengan memasak sendiri. Pihak GKJ Manahan berharap dengan bisa menghemat, ketika Lebaran mereka akan memiliki uang yang cukup untuk merayakan hari idul fitri itu.
Setiap hari, sedikitnya ada 200 – 300 orang yang ikut kegiata buka bersama di salah satu ruangan di GKJ Manahan. Setiap mendekati waktu buka puasa, halaman GKJ Manahan akan dipenuhi dengan becak dan sepeda onthel milik masyarakat yang kurang beruntung tersebut. Selain itu, dari kalangan umat Kristen juga sibuk mempersiapkan hidangan yang akan disajikan.
Menu buka puasa yang disajikan juga selalu berganti setiap harinya. Kadang, kari ayam, soto ayam maupun sop ayam. Intinya masakan yang berkuah dan menggunakan daging ayam. Pihak panita lebih memilih daging ayam daripada daging sapi. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pencampuran daging sapi dengan daging lainnya.
skala2
Foto:Fajar S.


Untuk memasak, pihak GKJ Manahan Solo menyerahkan kepada para ibu-ibu jemaat gereja untuk memasaknya. Pihak gereja juga meyakinkan bahwa semua masakannya halal. Bahkan, seringkali organisasi agama Islam melakukan pengecekan dalam hal memasak. Pihak GKJ Manahan sangat menghormati umat Islam sehingga mempersilahkan untuk melihat proses memasaknya jika ada kekhawatiran.
Kegiatan ini tidak ada misi atapun pesan tertentu untuk melakukan kristenisasi kepada umat Islam. Bahkan, pihak gereja juga mengundang kepada para ustad untuk memberikan kuliah tujuh menit sebelum melakukan buka puasa. Selain itu, pihak gereja juga menyiapkan tempat untuk melakukan sholat maghrib di salah satu ruangan di komplek gereja.
Namun, semua itu kini akan tinggal kenangan. Sebabnya, muncul sebuah kelompok bernama >Forum Ukhuwah Islamiyah Elemen Umat Islam Surakarta yang menolak buka bersama yang digelar gereja itu. Menurut Komisi Ukhuwah Islamiyah MUI Solo, Dahlan Harjo Taruno, buka bersama masuk ke wilayah ibadah umat muslim.
"Musyarawarah sejumlah elemen umat Islam se- Surakarta menolaknya," kata Dahlan. "Sebagai gantinya sejumlah masjid di Surakatya akan menggelar acara buka bersama secara gratis."
Ketua Bhinneka Peduli Kemanusiaan dan Perdamaian Solo sebagai penyelenggara bersama GKJ Manahan, H Zainal Abidin Achmad, mengatakan tidak mempermasalahkan penolakan itu.
“Kami malah bersyukur. Saya pun berharap semoga buka bersama yang dilakukan forum tersebut lebih baik dari kita,” katanya. “Yang kita inginkan adalah suasana kondusif, rukun dan damai. Jadi, kita menghargai keinginan atas penolakan ini."


Sumber: Nurlis Effendi /yahoonews



Artikel Terkait:

287 komentar:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 287   Lebih baru›   Terbaru»
Show/Hide Comment
muinr ardi mengatakan...

memang berbuka itu adalah ibadah sob jadi tidak boleh dilaksanakan kerjasama dengan agama lain mungkin ,asaknya sudah betul halal tapi daging ayamnya apa dipotong dengan cara islam ?

narti mengatakan...

no komen aja yah...

maaf lama tidak berkunjung,
mohon maaf lahir dan batin, selamat berpuasa.

Berbagi Wacana mengatakan...

Aku belum pernah berbuka puasa di gereja sob....

Rock mengatakan...

Aku sering ke manahan tapi koq malah gak tau ya... :-)

JOLA76 mengatakan...

lama tidak berjumpa, met menjalankan ibadah puasa, mohon maaf atas segala salah dan khilaf

Mufi_ed mengatakan...

yang namanya berbuka boleh dmna saja sob !!!
saya mlah mensupport hal seperti ini !!
agar perbedaan bukan penghalang utk saling bersilturahmi !!!

O y, Happy ramadhan, smoga di bulan penuh suci ini amal n ibdah yang kta lkukan d terima oleh Allah SWt !!

nuansa pena mengatakan...

Begitu dong ambil alih, jangan memalukan umat Islam!

MisterXWebz mengatakan...

Saya mewakili umat Nasrani hanya bisa berharap & bersyukur akan terciptanya suasana yang kondusif, aman dan terciptanya kerukunan umat beragama, selamat menjalankan ibadah puasa..

didikkusdiyanto.com mengatakan...

Selamat menjalankan ibadah puasa sobat ...

rizal mengatakan...

selamat menjalankan ibadah puasa

Laksamana Embun mengatakan...

Saya rasa dimana aja gpp, asalkan semuanya demi sebuah kebaikan...

Oh ya selamat menjalankan ibadah puasa ya..

budies mengatakan...

kalau memang mampu, mengapa harus berbuka di tempat laian? yang penting tidak saling menyalahkan...suasana keakraban dan saling menghargai tetap jalan terus

bisnis hobby mengatakan...

artikel menarik kawan. salam

Selotip mengatakan...

Dari catatan di atas terlihat bahwa terkadang kepedulian sesama muslim ternyata kalah dibanding kepedulian umat agama lain terhadap muslim.

rahad2six mengatakan...

sebenernya ada banyak komentar yg mau dilontarin..tapi takut SARA dan menyinggung..
jadi, ya cuma ngucapin selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan..

minat tukeran link sob?

wedding dance lessons mengatakan...

Apakah makanan kesukaan waktu berbuka puasa?

Andrew mengatakan...

salam kenal buat yg punya blog ... ditunggu kunjungan baliknya ....

harto mengatakan...

cuma mau ngucapin : Selamat Datang dan Selamat Beraktivitas kembali di dunia maya semoga sukses selalu dan tetap semangat.

DIRGAHAYU RI YANG KE 65

Is mengatakan...

terlihat kebersamaannya, hanya saja (mohon maaf)apakah dalam memasaknya sudah sesuai dengan ajaran Islam?

budiawanhutasoit mengatakan...

selamat menjalankan ibadah puasa...

achmad taher mengatakan...

dalam hal mua'amalah bolehlah saling tolong menolong, tapi dalam ibadah harus hati2 dalam memilih pilihan termasuk berbuka puasa yang suci itu. seperti apa yg pak munir ardi katakan...

bliyanbayem mengatakan...

ini kegiatan yang bagus banget untuk menumbuhkan kebersamaan antara umat beda agama. cape denger saling tonjok-tonjokan!!

Saung Web mengatakan...

pROGRAMNYA BAGUS SEKALI SOB.. INI BUKTI DARI KRUKUNAN UMAT BERAGAMA DI NEGERI INI

mahardi mengatakan...

sy mendukung kerukunan umat beragama. jd no problem

steven mengatakan...

menurut saya wajar jika ada penolakan,

wedding dance lessons mengatakan...

haha...betul tu toknabe, buka kat masjid lg besh..leh solat jamaah sekali :p

Online Business Directory mengatakan...

Church is a holy place and give strength our religion. we never hesitate to donate money for this holy deed

pat testing mengatakan...

Kalau saya melihatnya adalah sebagai upaya untuk membuat opini yang kurang bagus dari sisi dakwah yaitu bahwa semua agama adalah baik.

pat testing mengatakan...

bagaimana dengan masakan yg disediakan? halal tidak? kita tidak tahu juga memasaknya kan? apakah ini termasuk program mereka?

pat testing mengatakan...

bersabar dan berjuang melewatinya dan tak lupa berdo’a,insaya’allah semuanya akan terlewati.

Blog Bisnis Online mengatakan...

Salam kenal ! baru pertama mengunjungi blog ini.

wedding dance lessons mengatakan...

I wonder how’s the taste of the tempoyak, the fermented durian O.O

Herdoni Wahyono mengatakan...

Kami salut dengan pihak Gereja yang menyediakan menu buka puasa dengan harga sangat murah bagi orang miskin. Orang miskin, anak yatim, dan manula memerlukan kepedulian dan bantuan dari kita semua yang dikaruniai kelebihan rejeki dariNya. Semoga terjalin kerukunan antar umat beragama di Indonesia ini.

wedding dance lessons mengatakan...

cantik night shotnya om.. blue hour sky yg mantap!
andaikan semua bangunan kuno bersih dan terawat seperti ini..

zero down traffic blueprint bonus mengatakan...

menunjukkan simpati sekaligus menolong antarumat beragama. Bahkan setiap bulan Ramadan, ratusan muslim berbuka puasa di dalam gereja.

Jewellery Gift mengatakan...

Berbuka puasa juga satu ibadat, soalnya agama islam benarkan beribadat dalam gereja ?

wedding dance lessons mengatakan...

khuwah Islamiyah MUI Solo, Dahlan Harjo Taruno, buka bersama masuk ke wilayah ibadah umat muslim.

Photo Frames mengatakan...

i am not a muslim, but this is definetly one of the best and touching song i ever heard...!!nice

indian sarees mengatakan...

Happy ramadhan, smoga di bulan penuh suci ini amal n ibdah yang kta lkukan d terima oleh Allah SWt !!terciptanya suasana yang kondusif, aman dan terciptanya kerukunan umat beragama.thanks..

kerajinan tembaga mengatakan...

menunjukan kerukunan antar umat beragama,,salut sekali.

kerajinan patung mengatakan...

bener bener salut..kerukunan yang patut dijadikan contoh

kerajinan patung mengatakan...

patut dijadikan teladan tu..

kerajinan lampu mengatakan...

salut sekali dengan orang orangnya..

Yan mengatakan...

Kalau berdamai seperti itu kan enak ngeliatnya, salam damai..

Medical Tourism mengatakan...

I want to make money online.How can i do this without any registeration or xtra charges?

Traditional Sofas mengatakan...

He broke down what I should be doing and how to get started with the Internet marketing basics instead of assuming I knew how to find keywords or how to set up a website.

wedding dance lessons mengatakan...

lama tidak berjumpa, met menjalankan ibadah puasa, mohon maaf atas segala salah dan khilaf

thomas sabo charms mengatakan...

Whenever wandering thomas sabo charms in a very wintry thomas sabo jewellery wonderland totals some sparkle thomas sabo uk to any eyes, and even memories thomas sabo rings of any big day thomas sabo watch to the fields makes a thomas sabo watches grin on your face, or thomas sabo wholesale simply the original thomas sobo bracelets snowflakes of the weather sabo jewellery build someone feel like thomas charm bracelets a baby when, a perfect gift idea is thomas sabo rings correct on you- Snowflake thomas sabo watch earrings. Snowflake thomas sabo watches bracelets, hooks and pendants arrive thomas sabo wholesale lots of types. There may for thomas sobo bracelets certain a single i mean the ideal section for you, above thomas sabo charm all, to one's special someone.New discovery a couple of snowflake rendering it a real ideal bracelets focus?

rattan furniture mengatakan...

Kalo gak suka Bhineka Tunggal Ika, ya minggat sono dari INDONESIA
Jgn ngacau disini

poster printing mengatakan...

Selain itu, pihak gereja juga menyiapkan tempat untuk melakukan sholat maghrib di salah satu ruangan di komplek gereja...

electric underfloor heating mengatakan...

itu bru api di dunia blom api d akhirat yg panas nya berlipat2 ganda katanya

cane furniture mengatakan...

Stephen Hawkings, one of the smartest men of our time IMHO, has stated that he believes humanity must colonize other planets in order to maintain our civilization. Do you agree? Why or why not?

Iphone 4 Cases mengatakan...

I am a business major with a concentration in marketing. Can I be competetive in interviews involving retail management positions with this degree?

Bankruptcy In Florida mengatakan...

Hello friend I bought family fun stuff but i have problems with installing it, how can i make it work? what should i download?How can I make sims 2 family fun stuff work on vista pc?

Suhari mengatakan...

Dengan kita menyadari perbedaan maka ukhuwah akan tetap terjaga. Salam kenal!

conservatory furniture uk mengatakan...

How does the design phase of the project management life cycle differ in content and importance from the other phases?

My Valentine mengatakan...

nly are children energetic, but extremely curious. Their form of play is definitely hands on, and they never forgo the opportunity to try to climb up something.

buah merah mengatakan...

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

party lighting rentals mengatakan...

Intimately, the post is actually the best on this noteworthy topic. I agree with your conclusions and will thirstily look forward to your incoming updates. Just saying thanks will not just be enough, for the extraordinary clarity in your writing. I will directly grab your rss feed to stay abreast of any updates. Good work and much success in your business endeavors!

foredi palembang mengatakan...

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Claims Lawyers mengatakan...

That one, during open house or visiting Cik Yaya house can eat la. with the special kuah kacang. heheheEdit: Cik Yaya, just borrow the parang from Tan Sri destroyer and cut. no need to unwrap it.

Tissue majakani mengatakan...

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

ShoutBloger mengatakan...

Ini dia, contoh kerukunan antar Agama. Salut buat yang penyelenggaranya. Keep in Peace For Indonesia

Guild of PAT Testers mengatakan...

Nice to have an article on this. Thanks.

Traditional Sofas mengatakan...

Setiap hari, sedikitnya ada 200 – 300 orang yang ikut kegiata buka bersama di salah satu ruangan di GKJ Manahan. Setiap mendekati waktu buka puasa, halaman GKJ Manahan akan dipenuhi dengan becak dan sepeda onthel milik masyarakat yang kurang beruntung tersebut. Selain itu, dari kalangan umat Kristen juga sibuk mempersiapkan hidangan yang akan disajikan.

stag parties mengatakan...

well,Yang kita inginkan adalah suasana kondusif, rukun dan damai. Jadi, kita menghargai keinginan atas penolakan ini."

stag parties mengatakan...

selalu berganti setiap harinya. Kadang, kari ayam, soto ayam maupun sop ayam.

Meriahkan Pesta ulang tahun Bersama GarudaFood mengatakan...

yang dibawah rukun pak yang dibagian kelas elit yang sering ngobok-obok

iPhone 4 Cases mengatakan...

Thanks a lot buddy, exactly what i really needed :)

stag parties mengatakan...

Saya mendapati banyak hal menarik di blog anda terutama pembahasannya. Dari tan komen pada artikel anda, saya kira saya bukan satu-satunya mempunyai semua kenikmatan di sini! terus bekerja dengan baik.

plumbers in miami mengatakan...

I am Not able to understand your language..but great POst

plumbers in miami mengatakan...

these are very nice pictures as they shows the people's popularity and to maintain their nature....

plumbers in miami mengatakan...

it could be the nice way to adjust something according to the order and to divide in the specific manner,...

plumbers in miami mengatakan...

that's very nice post and the sitting of people are also interesting as they are desirable. thanks foe the post .....

Contemporary Sofa mengatakan...

I just have been appointed to lead a church youth group. Basically, every sunday i need to teach them a lesson. However, I don't know how to get throug to them. They all are forced to come and all don't really care for church whatsoever. Any suggestions on the approach I should take or what lessons I should teach first? Thanks

Cash pension mengatakan...

I must say that overall I am really impressed with this blog.It is easy to see that you are passionate about your writing. If only I had your writing ability I look forward to more updates and will be returning.

Anonim mengatakan...

Versi Global Sharing Semua link

agen jelly gamat tegal mengatakan...

mksih gan buat info nya

salam kenal

Agen jelly gamat surabaya mengatakan...

salut bgt...

rasa tolransi bragama yg bgusss bgt!!!

agen xamthone plus bekasi mengatakan...

wihh... hebat bner...
tu berlangsung slma bulan puasa mas??

obat tradisional kolesterol mengatakan...

sungguh luar biasa,,saya baru tau loh..

Agen Xamthone plus Batam mengatakan...

aneh tapi nyata sesuai dengan judul artikelnya..

tablet android honeycomb terbaik murah mengatakan...

wah wah..
kira" itu boleh ga ya?
hehehehe..
tapi yg penting sih makanannya halal..
tablet android honeycomb terbaik murah

Anonim mengatakan...

Informasi yang sangat keren mbak...

foredi waingapu mengatakan...

Artikel yang menarik,untuk menjalin silaturahmi,antar umat beragama,

Obat gagal ginjal mengatakan...

Wah... Hati-hati... awas ada misionaris yang ingin menjadikan orang islam hancur

ada-ada saja caranya...

Toyota Camry mengatakan...

thx for this information

xamthone plus mengatakan...

selamat berbuka dan berkumpul bersama kerabat ....

obat alami glukoma mengatakan...

pernah senger dari guru ngaji saya, katanya klo umat islam masuk ke gereja atau bahkan hanya melewati pagarnya, itu bisa di kategorikan keluar dari islam. apa benar??

Cara Mengobati Darah Tinggi mengatakan...

subhanallah ini kan tempatnya umat kristen,,
semoga saja orang yang masih belum beruntung bisa jadi lebih beruntung supaya tidak terjadi kaya begini

obat herbal liver empedu mengatakan...

ngeri saya,, kenapa bisa di greja yaa..
apa di tempat lain tidak bisa??

obat alami kanker hati mengatakan...

semoga kejadian ini tidak terjadi lagi..

xampthone plus mengatakan...

ada" aja,

xamthone plus mengatakan...

wah asik tuh buka puasa bareng........
sama kerabat dan kawan.......

jelly gamat mengatakan...

wahh hebat, yang begini yang harus di contoh..
saling menghargai sesama umat beragama

jus manggis mengatakan...

oek juga nie sangat menarik nie gan.......

obat herbal sakit pinggang mengatakan...

ini baru namanya saling menghargai sesama orang yang berbeda agama,asal ada toleransinya juga.
terimakasih infonya,sangat bermanfaat

obat herbal darah tinggi mengatakan...

info yang bermanfaat,,saling bertoleransi sekali

obat herbal nyeri sendi mengatakan...

wahh apa itu ga apa-apa ya..
makasih banyak infonya

Cherry Belle mengatakan...

Hmm.. cerita yang menarik gan..

Cryptomonadales mengatakan...

This is a really good read for me, Must admit that you are one of the best bloggers I ever saw.Thanks for posting this informative article. As soon as you know that you will not be able to avoid falling behind on mortgage payments, you need to perform as much damage control as possible.

jual obat herbal jelly gamat mengatakan...

Itulah Bineka Tunggal Ika

mudah mudahan Islam membawa Barokah

tablet android honeycomb terbaik murah mengatakan...

It's an interesting approach. I usually read mediocre judgments on the matter but yours it's written in a pretty different fashion. For certain

obat herbal kolesterol mengatakan...

artikelnya menarik sekali.
terimakasih

Obat Kuat Seks mengatakan...

Indahnya sebuah kebersamaan...

Cara mengobati Infeksi saluran kemih mengatakan...

wah toleransi yg sangat luar biasa,,
kita hidup memang harus saling menghargai satu sama lain,,
nice artikel gan,,

Cara Mengobati Kolesterol mengatakan...

kenapa memilihh gereja??????????????

Cara Mengobati Kolesterol mengatakan...

kenapa memilihh gereja??????????????

Cara Mengobati Kolesterol mengatakan...

kenapa memilihh gereja??????????????

Obat Tradisional Sakit Maag mengatakan...

toleransi antar agama yg harmonis,,

Agen jelly Gamat Gold-G surabaya mengatakan...

sekarang gak banyak pemandangan kayak gini,,
semakin terlantar saja warga miskin yg berpuasa,,

Obat Epilepsi mengatakan...

semoga taun depan kita bisa melihat pemandangan seperti itu lagi,,toleransi antar umat beragama,,

cis4all mengatakan...

baguslah kalau sudah dilarang, takut nanti kelewatan..

Cindy Production mengatakan...

wah sangat indah sekali... dan inilah bentuk kebersamaan dan toleransi dalam bermasyarakat...

krn saya masih baru dalam dunia internet... salam kenal semuanya, semoga dalam keadaan sehat sejahtera utk kita semua... mampir kesini yah hot information, movie production

obat hepatitis c mengatakan...

gtu ajah ko di perributin sii padahal kan niatnya juga sudah baik kan sesama manusia kita harus saling menolong apa menolong org itu harus dibeda bedain antara beragama sii??

obat tradisional asam urat mengatakan...

Wah jalinan persaudaraan sesama makhluk sangat hebat ..
Rosullulloh saw mengjarkan pada kita umat muslim untuk tidak membedakan antar sesama manusia yang lainnya ,,,

obat diabetes mengatakan...

emang gk ada tempat lain ?

pamali mreun nya :D

xamthone plus mengatakan...

awas pamali

Wooden Picture Frames mengatakan...

Estudio de América es en realidad muy ventajoso y un enfoque muy bueno también algún tipo de enseñanza. Esto puede ser considerado un método muy bueno debido a las ventajas asociadas con ella. Gramática latina es la mejor tierra para la educación, hace más cuidadoso en Inglés, aumentar la precisión, maximizar los resultados del SAT, etc

Xamthone mengatakan...

Nah gitu donk, akur-akur aja deh kita hidup di dunia juga cuma sementara kok

jelly gamat mengatakan...

melakukan aktifitas bersama-sama untuk menjaga kerukunan itu baik,namun jangan yang berkaitan dengan aktivitas keyakinan....

obat herbal diabetes mengatakan...

kok bsa buka puasa d greja
kan melanggar aturan islam tuh ???
aneh banget???

obat sakit pinggang mengatakan...

infonya bermanfaat nih...thank's

agen xamthone plus lampung mengatakan...

yang punya kereja orang nya baik,walaupun dia bukan muslim,tapi memperbolehkan orang muslim buka puasa di gerejanya

agen xamthone plus pontianak mengatakan...

aneh...
knapa gak di masjid aja ????
kaya yang gak ada tempat lagi di gereja.
kan orang islam di haramkan masuk ke gereja ?
kok ini malah buka puasa di sana ???
bagai mana tuh jadinya ??

jus manggis xamthone mengatakan...

ini yang dinamakan bhineka tunggal ika .
nyata banget bukan?

obat tumor lambung alami mengatakan...

sikap toleransi antar umat beragama yang sangat mengagumkan, demi terciptanya kedamaian dan kerukunan. patut dicontoh

obat alami TBC mengatakan...

indahnya kerukunan dalam perbedaan

cara ampuh mengobati nyeri haid mengatakan...

nice info gan... thanx

cara pemesanan jelly gamat luxor mengatakan...

nice info gan...

akik akik mengatakan...

iya ga bagus juga kalo di lihat dan di amat2i,ada-ada saja...islam harus berdiri sendirilah..begitu juga dengan agama lain

xamthone mengatakan...

solo yah?
emg tinggi sih toleransinya...

obat herbal asam urat mengatakan...

makasih....

Agen gamat luxor medan mengatakan...

emang boleh ya berbuka puasa di gereja..??

jelly gamat luxor mengatakan...

makasih infonya...

jelly gamat luxor mengatakan...

nice info gan...

cara mengobati asam urat mengatakan...

nice info gan...

xamthone plus mengatakan...

bagus pastnya gan,,
baru tau, haha

xamthone plus mengatakan...

nice info gan..

obat sakit ayan epilepsi mengatakan...

emg masjid2 udah pada gak buka puasa bersama ya?
ampe harus di gereja...
miris...

xamthone plus mengatakan...

makasih infonya gan...

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

makasih infonya gan...

obat herbal kanker serviks mengatakan...

makasih..

obat kanker prostat mengatakan...

thanx infonya gan..

cara pemesanan jelly gamat mengatakan...

jd bahan perbincangan nih..

obat herbal pelangsing mengatakan...

bagus bos

obat herbal kanker serviks mengatakan...

nice

Obat Herbal Liver mengatakan...

blog ini bagus bet

obat ambeien mengatakan...

keren abiiiiiis

Darah Rendah mengatakan...

wah kayanya seru tuuhh..

Obat Herbal Epilepsi mengatakan...

jdi kangen suasana ramadhan niihh..

cara menjadi agen jelly gamat luxor mengatakan...

aku suka posting nya
mengajarkan kita indahnya kebersamaan puasa

Obat Sakit Darah Tinggi mengatakan...

in the church it`s no problem, right????????????

xamthone plus banjarmasin mengatakan...

hukum nya apa?? apa dpt barokah nya ?? wallohu'alam ya ...

Obat Alami Maag Kronis mengatakan...

wah ini benar-benar unik dan jarang trjadi

semoga ini mencermnkan kerukunan beragama

cara mengobati wasir mengatakan...

qo bisa buka bareng di gereja

cara pemesanan ace maxs mengatakan...

hmmm kontras sekali,,,mmemang lebih baik toleransi antar umat beraga harus dijaga agar negra tetep utuh

pengobatan ambeien alami mengatakan...

sangat menarik,,saya salut sekali.. Bhineka tunggal ika

pengobatan kelenjar getah bening alami mengatakan...

benar sekali, meskipun kita berbeda agama,akan tetapi satu tanah air.

Obat Tradisional Ginjal mengatakan...

ok bgt

cara mengobati kanker prostat mengatakan...

emang gx apa2 buka puasa di gereja

Agen xamthone plus bandung mengatakan...

Indahnya kerukunan hidup beragama,,,

pengobatan alternatif tipes mengatakan...

wah ada2 ada aja gan,,, kok bisa ya???

Cara konsumsi Xamthone plus mengatakan...

kasihan lahatnya

obat penyakit xamthone plus mengatakan...

tajil yeuh tajil .

cara konsumsi xamthone plus mengatakan...

ass . . .
geura adzan euy :D

cara konsumsi ace maxs mengatakan...

wah ramei baget gan bukaq puasanya...

cara pemesanan ace maxs mengatakan...

berbagi motivasi kata teman
Bangga pada dirimu sendiri, Meski ada tidak Menyukai. Kadang-kadang mereka membenci karena mereka tidak bisa seperti Anda.
mungkin berguna dan Salam: D, saya tunggu kunjungan balik ya: D

Obat Herbal Gonorrhea mengatakan...

Waaaah...menarik juga ya sekalian mempererat tali silaturrahmi biarpun beda keyakinan tapi harus rukun dan damai :)

obat penyakit keputihan mengatakan...

makasih buat infonya

obat penyakit asam urat mengatakan...

semoga sukses selalu

obat penyakit ambeien mengatakan...

infonya bermanfaat sekali gan,
makasih..

obat penyakit darah tinggi mengatakan...

jangan lupa mampir balik ea gan

cara mengobati stroke mengatakan...

asyik kaya nya buka puasa di gereja

izul mengatakan...


Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

izul mengatakan...



saya numpang buat nambah backlink di sini ya

Baju Anak mengatakan...

Luar biasa, baru tahu nih ada kegiatan buka puasa di rumah ibadah umat lain..

Timbangan Digital mengatakan...

Hmm.. Ini toleransi yang keblinger!

Penyakit Diare mengatakan...

Makasi gan atas infonya
di tunggu kunjungan baliknya

obat herbal tipes mengatakan...

hai,salam kenal ya

obat herbal alzheimer mengatakan...

semoga sukses selalu

obat herbal epilepsi mengatakan...

jangan lupa mampir balik ya

obat herbal liver empedu mengatakan...

arigatou gozaimasu

Baju Batik mengatakan...

wah, ini toleransi apa telor asin ya?

download software gratis mengatakan...

gak mungkin kedua agama samawi ini bersatu.. apapun caranya

obat herbal diabetes melitus mengatakan...

ini yang patut kita acungi jempol..

obat jelly gamat mengatakan...



bagus banget ya ceritanya

obat jelly gamat mengatakan...


salam kenal dan sukses slalu ya

obat penyakit mengatakan...


Mudah- mudahan semakin mantab lagi ya

obat jelly gamat mengatakan...


Salam kenal dan sukses slalu

rizuka mengatakan...

hallo,sobat semuanya. makasih banyak ya atas informasinya

obat tradisional keputihan mengatakan...

informasinya memang menarik banget ya

rizuka mengatakan...

saya ikut nyimak artikelnya... sangat bermanfaat banget

akbar mengatakan...

hallo

rizuka mengatakan...

thanks

Batik Pekalongan mengatakan...

wah, ironis ya :p

Permen Lolipop mengatakan...

Wah, salah tuh kayaknya...

cara mengobati kanker payudara mengatakan...

wah qo bsa buka puasa di gereja

akbar mengatakan...

salam kenal

Badut mengatakan...

Silahkan sampaikan komentarnya ya, dan kalau berkenan pakai Name/URL saja supaya saya mudah mengunjungi blog sobat.
Terima Kasih Sukses Untuk Semua.

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 287   Lebih baru› Terbaru»

Poskan Komentar

"Mari Kita Bertutur Kata Dengan Santun"
Silahkan sampaikan komentarnya ya, dan kalau berkenan pakai Name/URL saja supaya saya mudah mengunjungi blog sobat.
Terima Kasih Sukses Untuk Semua.

 

Link Banner

---------- A ----------
Andy MSE
anotherstoryfromme
alamsyah.rasyid
andaka
arhan
awan.wibawa
agusnaim
AhmedRidho
Artikel Internet


--------- B ---------
Blogger Ceria
brokencode
baladika
blogguebo
brokethesoul
blog.mriza
bernard-notes
Bamz
babbicool
bintorobisnis
www.bramwijaya.blogspot.com/
blenza/


---------- C ---------
cariuangtambahan.
catatan si putera
ceritaonlineku


---------- D ----------
Denbagus
Dunia Komputer
danu
dewahyoe
dexno
dhuwuh
www.dwi-isnein.blogspot.com
diagnosticoweb

---------- E ----------
Erwin Nassa
exelinca


---------- F ----------
fahry
freewareforall
firta-ku


---------- G ----------
gareng
gudangmusik


---------- H ----------
harry.sufehmi
harry99
hilmanpribadi
hardono.melesat
hapebewe


---------- I ----------
idebisnisusaha
ivan.faderlan


--------- J ----------
jimmysun
jimmykurniaindradjaya
justBookmark


---------- K ----------
kliksajayangkaumau
koolsonic
kolomkesehatan
kluwanDotCom
kluwanOne
kluwanTwo


---------- L ----------
latuminggi
lafalofe
LinkTea
Laksana-Embun


---------- M ----------
master united indonesia
m4s73r
My Blue Thunder Heart's Blog
mybluegreen
melodanta
make up
Money Cent's Powers
miaw's world


---------- N ----------
ningtyasindri
nichpakaich
negerihijau
ngkong
nanieku.blogspot
negeri bunguran


---------- O ----------
oktasihotang
Oricadiary


---------- P ----------
penulislepas
permanaj
penyuonline
promobebas
poetramahardika


---------- Q ----------


---------- R ----------
ristizona
rifkymedia's Blog
realish
rizky2009
rozy
rock


---------- S ----------
sumintar
sawali
sampepuas
semarangreview
sekitarkita
saintangel08
sukseslewatinternet
sapimoto
Sita
www.sedot-go.blogspot.com
sigmabisnis
Serunya Belajar SEO secangkir teh sekerat roti


---------- T ----------
tipis.web
tonijauhari
tantan-hilyatana
tera.sirumah
Tempat Dollar
Tutuorial News Information


---------- U ----------
utchanovsky


---------- V ----------
vaseppi
yopanprihadi


---------- W ----------
wawanwae
wanadamsyah


---------- X ----------


---------- Y ----------
yasrama


---------- Z ----------
zisyahome



DAFTAR SITE FAVORIT

>>> http://www.google.co.id
>>> http://www.alexa.com
>>> http://www.counters4u.com/
>>> http://www.mypagerank.net
>>> http://dir.blogflux.com
>>> http://blogs.top.org
>>> http://www.blogged.com
>>> http://whos.amung.us/stats
>>> http://www.casinohouse.org
>>> http://www.myblogdirectory.net
>>> http://blogterbaik.com/
>>> http://www.millionrss.com/
>>> http://topofblogs.com
>>> http://www.heynounce.com
>>> http://www.zimbio.com
>>> http://www.rssmountain.com/
>>> http://www.ontoplist.com
>>> http://www.feeds4all.nl/
>>> http://www.smitdev.com/
>>> http://directory.seo-supreme.com/
>>> http://www.feedmap.net
>>> http://www.allworldlinks.com/
>>> http://www.amidalla.de/
>>> http://www.feedage
>>> http://idwebhost.biz/
>>> http://www.blogsontop.com/
>>> http://tophits.bloggerian.or.id/







FOLLOWER FRIEND

Copyright © sabirinnet | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog