Membela Warga, Saya ‘Dipencundangi’

Berdasarkan dari pengalaman saya, pada tahun 1996 yang lalu. Pada saat itu saya masih bertugas di Kabupaten Tabalong disalah satu media harian namanya waktu itu Harian Dinamika Berita (sekarang berubah nama menjadi Harian Kalimantan Post). Waktu itu saya mengupas kasus ganti rugi tanah masyarakat di desa Lambida Atas Desa Dahai Kalimantan Selatan -- oleh satu perusahaan Batu Bara yang saya nilai terlalu tidak ber-prikemanusiaan.
Kenapa jadi saya katakan tidak ber-prikemanusiaan?...karena demi kepentingan perusahaan batubara tersebut, Pemerintah melalui Timnya yang terdiri dari unsur Muspida, justru membela kepentingan perusahaan ketimbang kepentingan masyarakat disana. Coba anda pikirkan, masyarakat dipaksa untuk menyetujui tanahnya dibeli dengan harga Rp.50,-per meter. Sementara diatas tanah tersebut berdiri kebun-kebun karet dan sawah mereka, walaupun tanaman tersebut juga diganti rugi, tetapi harganya sangat tidak pantas. Satu pohon karet yang setiap hari mereka sadap hanya dihargai Rp. 5000 sampai Rp.10.000,- saja. Apa itu namanya membela masyarakat..?? lhaa.. pasti tidak kan.!!
Pada saat itu saya satu-satunya wartawan yang ada disana, maklum saat jaman orde baru sangat sedikit orang mau jadi wartawan, jadi kalau ukuran kabupaten punya wartawan satu orang sudah hebat. Setelah mendapat bahan masukan, data lapangan dan informasi dari masyarakat desa tersebut, sayapun membuat berita tentang kemiringan dan ketidakadilan itu dengan sebuah berita awal.
Berita pertama saya pada bulan Agustus tahun 1996 itu membuat geger para petinggi perusahaan dan pejabat-pejabat disana. Ternyata berita itu membuka mata semua orang bahwa masih banyak warga masyarakat yang nasibnya tertindas hanya kerena kepentingan perusahaan, oknum pejabat dan para ‘anjing-anjing’ perusahaan yang menindas dan menistakan rakyatnya sendiri.
Berbagai macam cara dilakukan agar saya tutup mulut. Salah satunya dengan upaya menyuap atau memberikan sejumlah uang, dengan kesepakatan semua berita-berita menyangkut kasus ganti rugi tanah itu tidak dilanjutkan lagi.
Terus terang saya juga manusia, kalau diiming-imingi uang yang banyak bisa-bisa tergiur juga, hehehee…
Tetapi, Allah SWT masih sayang sama saya, pada waktu itu saya masih mempunyai iman yang tinggi dan mampu menolak semua tawaran menggiurkan, karena yang ada dibenak saya bagaimana nasib warga masyarakat disana yang saat itu lagi diterpa kesengsaraan karena tidak mendapatkan hak mereka dengan adil.
Yang membuat saya miris adalah, seorang janda beranak satu, kira-kira umurnya sekitar 60 tahun lebih. Pendapatan janda itu hanya mengharapkan penghasilan dari menyadap karet ½ hektar kebun karet peninggalan suaminya. Karena ia bersama warga lainnya tetap kukuh tidak mau menjual tanah kebun tersebut kepada perusahaan, akhirnya ia harus menerima kenyataan pahit yang sulit untuk dilupakannya.
Seperti biasanya, ibu janda ini setiap jam.05.00 dini hari sudah berangkat ke kebun untuk menyadap karet. Dengan membawa bekal seadanya ia berangkat dari rumahnya, sedangkan cucunya yang berumur 12 tahun masih tidur. Kegiatan ini nampaknya sudah menjadi kebiasaan hari-hari ibu janda ini, mungkin cucunya sudah terbiasa dengan rutinitas seperti itu. Sedangkan kedua oranga tuanya sudah lama meninggalkannya bersama dengan neneknya.
Ketika sampai dikebun karet miliknya, matanya hanya bisa melotot dan mulutnya ternganga. Karena, pemandangan yang ia saksikan tidak pernah terbersit dipikirannya, bahwa kebun satu-satunya warisan dari suaminya sudah berubah menjadi tanah yang rata, tanpa ada sebatang pohon karetpun disana. Ternyata, dengan gaya ‘tangan besi’ perusahaan sudah menggarap tanah warga disana, walaupun kasusnya belum selesai.
Hanya isak tangis yang ia bawa pulang kerumahnya, hingga dalam suatu kesempatan saya dipertemukan oleh warga disana dengan ibu janda beranak satu ini.
Janda ini salah satu potret masyarakat yang tertindas yang secara harfiah kita harus membantunya agar mendapatkan hak yang seharusnya ia dapatkan.
Sayapun membuat beberapa artikel/berita di media saya bekerja. Dan alhamdulillah, berita-berita yang saya kirim semuanya termuat. Maka, dapat dibayangkan, gegerlah dunia pada waktu itu….waduuhh kayak mau perang aja yaa..???
Bagi saya sendiri, dengan mengupas kasus besar itu sayapun harus menjadi bulan-bulanan para oknum-oknum pejabat yang merasa ketenangannya terusik.
Disamping mendapat terror, berbagai macam cara mereka lakukan agar saya melepaskan kasus itu, hingga akhirnya oleh pimpinan saya sendiri yang seharusnya pada waktu itu ikut memihak kepada kaum lemah dan rakyat miskin justru memihak kepada perusahaan.
Akhirnya, karena saya tidak mendapat dukungan dari pimpinan saya, otomatis semua berita-berita saya selalu dicekal alias jarang yang masuk ke redaksi. Kalau saya setiap hari mengirim 2-3 berita, yang masuk dalam satu minggu paling-paling 1-2 berita, sedangkan puluhan berita lainnya tidak jelas juntrungnya…(mungkin dimasukkan ke bak sampah kallee..hkhkhk..:(
Memasuki tahun 2007, dengan penuh keterpaksaan saya mengundurkan diri di media saya bekerja. Karena, menurut saya, buat apa saya bekerja kalau tidak dihargai pimpinan sendiri. Pimpinan sendiri yang seharusnya pada saat itu membela bawahannya dan membela kepentingan masyarakat luas seharusnya wajib untuk membantu mereka bukan sebaliknya ikut menikmati penistaan tersebut….bla..blaa..blaaa…..benar enggak saudara???
Ini adalah pengalaman terpahit saya selama menjadi wartawan…dan mudah-mudahan saya tidak akan menjadi pemimpin seperti itu…amiinn.
Oke…kira-kira cukup dulu sampai disini dulu posting kali ini..kita akan bahas posting berikutnya nanti…salam.



Artikel Terkait:

72 komentar:

Show/Hide Comment
Raka Rifqi Amaterasu mengatakan...

Memang kejam....

admin mengatakan...

GALANG HUJAN : terima kasih udah mampir yaa

Unknown mengatakan...

Photographing jewellery thomas sabo bracelet can be tricky, but with a few concepts and budget below US$500 it is possible to thomas sabo bracelets achieve near-professional look of the photographs. This guide thomas sabo bracelets uk is intended for absolute beginners. Terminology is simplified, and camera thomas sabo bracelet clearanceadjustments are discussed with only jewellery in mind. Strung together innovatively with thomas sabo charm bracelet gold or silver wire, these form great offbeat organic jewelry. Pearls are as versatile as you want to make them, choose pearl jewelry that is thomas sabo charms bracelet crafted to bring out your features and attitude to their discount thomas sabo bracelet best advantage.

Agen jelly gamat jakarta mengatakan...

mungkin masyarakat dibutakan oleh uang!

Pelumas Vagina mengatakan...

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

For him capsule mengatakan...

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

obat kuat mengatakan...

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

obat kuat herbal mengatakan...

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

obat kuat herbal mengatakan...

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

obat kuat mengatakan...

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

obat kuat seks mengatakan...

Semoga bermanfaatnya ilmunya oke?
Saya jg ingin mencoba nih

obat kuat sex mengatakan...

Terima kasih Mas Agus..
Blognya luar biasa .. sukses ya

obat tahan lama mengatakan...

Blognya luar biasa,tipsnya langsung di coba ..
sukses ya ..

agen foredi mengatakan...

mas saya sangat tertarik dengan artikelnya ,terutama infonya

mencegah ejakulasi dini mengatakan...

sungguh" sangat membantu sekali infonnya, wajib di coba sama saya,

cara mengatasi ejakulasi dini mengatakan...

pak…
saya akan tunggu terus tips dan trik ilmu artikelnya anda
terimakasih banyak pak..
salam kenal,

cara mengobati ejakulasi dini mengatakan...

Posting yang bagus,terutama tipsnya boleh di coba

ejakulasi dini mengatakan...

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

ejakulasi tahan lama mengatakan...

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

foredi mengatakan...

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

foredi aceh mengatakan...

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

foredi ambon mengatakan...

makasih pak…. jadi makin mantep untuk mencoba tipsnya, sukses selalu

foredi bali mengatakan...

hmm,, menambah wawasan artikelnya, harus di coba, salma kenal,

foredi balikpapan mengatakan...

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

foredi bandung mengatakan...

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

foredi banjarmasin mengatakan...

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

foredi batam mengatakan...

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

foredi bekasi mengatakan...

Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

foredi bengkulu mengatakan...

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

foredi bogor mengatakan...

Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

foredi cianjur mengatakan...

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

foredi cilacap mengatakan...

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

foredi cilegon mengatakan...

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

foredi cimahi mengatakan...

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

foredi cirebon mengatakan...

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

foredi dr boyke mengatakan...

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

Foredi mengatakan...

hmmm, pasti saya kan coba nh tipsnya yang mantap, sukses selalu

foredi gel mengatakan...

Makasih artikelnya, saya pasti coba-coba,

foredi gel apotik mengatakan...

Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

foredi surabaya mengatakan...

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

foredi depok mengatakan...

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

foredi solo mengatakan...

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

foredi sidoarjo mengatakan...

makasih kang atas infonya, ni bisa jadi acuan buat saya yang, waib saya coba,

foredi semarang mengatakan...

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

foredi samarinda mengatakan...

mantapp sekali tipsnya pasti saya praktekkin, semoga berhasil

foredi purwokerto mengatakan...

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

Obat liver herbal mengatakan...

Terimakasih banyak atas informasi yang telah disampaikannya

Obat Kuat Sex Viagra mengatakan...

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

prediksi togel hongkong mengatakan...

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. salam sukses selalu buat admin

Download Software full version mengatakan...

bisa dicoba nh tipsnya yang mantap, sukses selalu

Obat Sakit Pilek Menahun Tradisional mengatakan...

makasih yah artikelnya

obat pelangsing alami terbaik mengatakan...

terimakasih informasinya sangat bermnafaat

Agen Obat Herbal mengatakan...

Agen Obat Herbal

Agen Obat Herbal

http://snurl.com/28xpmhx

nice informations :)

Herbal Alternatif mengatakan...

Herbal Alternatif

http://snurl.com/28xpnib

hati hati buat yang mau mudik lebaran :) sukses buat websitenya :) !!!!

Obat Herbal Penyakit mengatakan...

Obat Herbal Penyakit

http://snurl.com/28xpnvx

hati hati buat yang mau mudik lebaran :) sukses buat websitenya :) !!!!

Cara Pengobatan Alternatif Asam Urat mengatakan...

Cara Pengobatan Alternatif Asam Urat

http://tinyurl.com/nukj48a

Cara Pengobatan Darah Rendah Ampuh mengatakan...

Cara Pengobatan Darah Rendah Ampuh

http://tinyurl.com/lheosfr

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami mengatakan...

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

http://tinyurl.com/q6jyhjq

Obat Herbal Penyakit Alzheimer mengatakan...

Obat Herbal Penyakit Alzheimer

http://tinyurl.com/pe9m97s


Obat Penyakit Gondok mengatakan...

Obat Penyakit Gondok

http://tinyurl.com/o9w3jfc


Obat Herbal Usus Buntu mengatakan...

Obat Herbal Usus Buntu

http://tinyurl.com/jw5o3al

Obat Herbal Kanker Darah Ampuh mengatakan...

Obat Herbal Kanker Darah Leukimia Ampuh

http://tinyurl.com/ndgjzm3

Obat Tradisional Asma mengatakan...

Obat Tradisional Asma

http://tinyurl.com/kkkt2nx

Obat Herbal Kanker Usus mengatakan...

Obat Herbal Kanker Usus


http://tinyurl.com/ktppujm

Pengobatan Herbal Ampuh Kanker Payudara mengatakan...

Pengobatan Herbal Ampuh Kanker Payudara


http://tinyurl.com/pmzduv7

Obat Herbal Asma Anak Balita mengatakan...

Obat Herbal Asma Anak Balita


http://tinyurl.com/kszs6p5

good morning :) nice posting :)

Obat Herbal Gagal Ginjal Mujarab mengatakan...

Obat Herbal Gagal Ginjal Mujarab


http://tinyurl.com/mqqjrj7

good morning :) nice posting :)

Obat Herbal Anemia mengatakan...

Obat Herbal Anemia


http://tinyurl.com/ncscdag

good morning :) nice posting :)

Obat Herbal Penyakit Lupus mengatakan...

Obat Herbal Penyakit Lupus


http://tinyurl.com/n2arzdl

good morning :) nice posting :)

Ilmu Jadug mengatakan...

Cara Mendapatkan Informasi Ghaib
Cara Merubah Batu Jadi Emas Intan Dan Permata
Do'a Dzikir Rajah Kodam Wassyamsi Waduhaha Doa Dzikir Asma Jabarut
Ilmu Merubah Kertas / Daun Jadi Uang
Ilmu Merubah Kertas Jadi Uang

VigRx Plus Prix mengatakan...

informasi bagus untuk dibagikan

augmenter volume sperme mengatakan...

terima kasih telah berbagi informasi yang bagus

Posting Komentar

"Mari Kita Bertutur Kata Dengan Santun"
Silahkan sampaikan komentarnya ya, dan kalau berkenan pakai Name/URL saja supaya saya mudah mengunjungi blog sobat.
Terima Kasih Sukses Untuk Semua.

 

Link Banner

---------- A ----------
Andy MSE
anotherstoryfromme
alamsyah.rasyid
andaka
arhan
awan.wibawa
agusnaim
AhmedRidho
Artikel Internet


--------- B ---------
Blogger Ceria
brokencode
baladika
blogguebo
brokethesoul
blog.mriza
bernard-notes
Bamz
babbicool
bintorobisnis
www.bramwijaya.blogspot.com/
blenza/


---------- C ---------
cariuangtambahan.
catatan si putera
ceritaonlineku


---------- D ----------
Denbagus
Dunia Komputer
danu
dewahyoe
dexno
dhuwuh
www.dwi-isnein.blogspot.com
diagnosticoweb

---------- E ----------
Erwin Nassa
exelinca


---------- F ----------
fahry
freewareforall
firta-ku


---------- G ----------
gareng
gudangmusik


---------- H ----------
harry.sufehmi
harry99
hilmanpribadi
hardono.melesat
hapebewe


---------- I ----------
idebisnisusaha
ivan.faderlan


--------- J ----------
jimmysun
jimmykurniaindradjaya
justBookmark


---------- K ----------
kliksajayangkaumau
koolsonic
kolomkesehatan
kluwanDotCom
kluwanOne
kluwanTwo


---------- L ----------
latuminggi
lafalofe
LinkTea
Laksana-Embun


---------- M ----------
master united indonesia
m4s73r
My Blue Thunder Heart's Blog
mybluegreen
melodanta
make up
Money Cent's Powers
miaw's world


---------- N ----------
ningtyasindri
nichpakaich
negerihijau
ngkong
nanieku.blogspot
negeri bunguran


---------- O ----------
oktasihotang
Oricadiary


---------- P ----------
penulislepas
permanaj
penyuonline
promobebas
poetramahardika


---------- Q ----------


---------- R ----------
ristizona
rifkymedia's Blog
realish
rizky2009
rozy
rock


---------- S ----------
sumintar
sawali
sampepuas
semarangreview
sekitarkita
saintangel08
sukseslewatinternet
sapimoto
Sita
www.sedot-go.blogspot.com
sigmabisnis
Serunya Belajar SEO secangkir teh sekerat roti


---------- T ----------
tipis.web
tonijauhari
tantan-hilyatana
tera.sirumah
Tempat Dollar
Tutuorial News Information


---------- U ----------
utchanovsky


---------- V ----------
vaseppi
yopanprihadi


---------- W ----------
wawanwae
wanadamsyah


---------- X ----------


---------- Y ----------
yasrama


---------- Z ----------
zisyahome



DAFTAR SITE FAVORIT

>>> http://www.google.co.id
>>> http://www.alexa.com
>>> http://www.counters4u.com/
>>> http://www.mypagerank.net
>>> http://dir.blogflux.com
>>> http://blogs.top.org
>>> http://www.blogged.com
>>> http://whos.amung.us/stats
>>> http://www.casinohouse.org
>>> http://www.myblogdirectory.net
>>> http://blogterbaik.com/
>>> http://www.millionrss.com/
>>> http://topofblogs.com
>>> http://www.heynounce.com
>>> http://www.zimbio.com
>>> http://www.rssmountain.com/
>>> http://www.ontoplist.com
>>> http://www.feeds4all.nl/
>>> http://www.smitdev.com/
>>> http://directory.seo-supreme.com/
>>> http://www.feedmap.net
>>> http://www.allworldlinks.com/
>>> http://www.amidalla.de/
>>> http://www.feedage
>>> http://idwebhost.biz/
>>> http://www.blogsontop.com/
>>> http://tophits.bloggerian.or.id/







FOLLOWER FRIEND

Copyright © sabirinnet | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog